Rekapitulasi Suara di PPK Dijaga Pasukan Bersenjata

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan (PPK) merupakan proses yang rawan. Tak ingin kecolongan aparat bersenjata pun diterjunkan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Kademangan, dimana di TPS 16 Kelurahan Pilang yang dilakukan penghitungan/ rekapitulasi ulang untuk surat suara DPR RI. Hal ini karena surat suara sah lebih banyak dari kertas yang tertera di form C1.

Sehingga  120 personel yang terdiri dari 90 personel Brimob dan 30 polisi Sabhara dikerahkan  Polres Probolinggo Kota. Mereka disiagakan di 5 kecamatan yang saat ini tengah proses rekapitulasi baik Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPD dan DPRD Kota.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal juga melakukan pemantauan dan pengamanan proses penghitungan di PPK.  Bersama Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo pihaknya patroli beberapa PPK yang sudah mulai melakukan penghitungan.

“Kami melakukan penebalan personel untuk melakukan pengamanan kotak suara yang sudah berada di PPK. Hal itu untuk mengantisipasi adanya bentuk gangguan dan ancaman yang berpotensi mengganggu berlangsungnya rekapitulasi. Juga mengantisipasi gangguan dari pihak tertentu yang akan menggagalkan penghitungan suara,”ucap Alfian Sabtu (20/4/2019).

Rekapitulasi ulang di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. (Foto : Rahmad Soleh).

Terhadap anggota pengamanan tidak dibolehkan meninggalkan tempat, jika hendak istirahat dilakukan pergantian. Pihaknya memastikan kotak suara dalam kondisi aman, hal ini agar tidak ada celah untuk melakukan gangguan dalam proses penghitungan.

Pihaknya menjamin keamanan di setiap PPK, bahkan jika memang keamanan terancam petugas bersenjata tidak segan-segan untuk melakukan tembakan.

“Kami minta pada masyarakat untuk sama-sama mengawal. Mari kita ciptakan Pemilu damai sampai proses selesai. Ada gangguan kita tidak main-main untuk lakukan tindakan tegas,” tandasnya. (*)

 

 

Baca Juga  Sehari Ditutup, Jalur Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Paslon Independen di Kota Probolinggo Wajib Kumpulkan 17.851 Dukungan

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, Sabtu (4/5/24), menggelar Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan …