Curhat Nelayan Probolinggo Kepada Menteri Luhut, Dari Centrang Hingga Minta Rumah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ratusan nelayan di Probolinggo, temu wicara dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman) RI, Luhut Binsar Pandjaitan, Jum’at (29/3/2019). Dalam pertemuan di Gedung serbaguna Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, nelayan curhat.

Plt Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Cabang Probolinggo, Zainul Fathoni menjelaskan, ada 3 hal yang saat ini mengganjal dalam hati para nelayan. Pertama soal Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) bagi. kapal dibawah 30 GT.

“SIPI yang diajukan oleh nelayan tidak bisa disini, namun harus ke Surabaya. Itupun kami harus menunggu delapan hingga sepuluh bulan, baru jadi,” keluh Zainul.

Selain, jelas dia, larangan soal penggunaan centrang bagi nelayan sangat membebani. Sebab, hasil tangkapan ikan turun drastis jika menangkap ikan tanpa centrang.

“Tolonglah ditinjau kembali kebijakan dari menteri kelautan itu. Yang ketiga yang kami keluhkan, soal perumahan bagi nelayan. Mudah-mudahan Pak Menteri bisa memperbaiki nasib kami,” harapnya.

Sementara itu, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, persoalan nelayan terutama masalah pengurusan ijin kapal, dalam waktu dekat akan bisa terselesaikan.

“Kami akan koordinasikan dengan kementerian terkait dan Bapak Presiden,” janki purnawirawan TNI ini.

Luhut menilai, SIPI bagi kapal sangat dibutuhkan oleh nelayan di pesisir Probolinggo. Tak terkecuali dengan kebijakan soal penggunaan centrang. Oleh karenanya, ia akan segera menindak lanjuti dengan berkoordiasi dengan para pemanhku kebijakan lain.

“Untuk SIPI, saya juga akan berkoordinasi dengan Gubernur Jatim Bu Khofifah. Intinya, kebijakan apapun yang dibuat pemerintah sekiranya menguntungkan rakyat, termasuk nelayan,” tandas Luhut. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Januari DBD 15 Kasus, Ini Imbauan Dinkes Kota Probolinggo

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …