Foto: Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto. (foto: Ali Yak'lu).

Krisis Alumni IPDN, Lima Wilayah di Kab. Probolinggo Tanpa Camat

Probolinggo,- Sejumlah jabatan camat di Kabupaten Probolinggo saat ini masih ada yang belum terisi. Setidaknya, ada 5 dari 24 kecamatan yang belum memiliki camat definitif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, lima kecamatan itu adalah Kecamatan Kraksaan, yang kosong setelah Ponirin didapuk menjabat Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Probolinggo.

Kedua, Kecamatan Sumber, camat sebelumnya Widodo Hadi Siswanto digeser menjadi Camat Gending. Ketiga, Kecamatan Kuripan, yang mana camat sebelumnya meninggal dunia.

Lalu keempat, Kecamatan Wonomerto, dan kelima Kecamatan Sumberasih. Dua wilayah ini memiliki kekosongan jabatan setelah camatnya pensiun beberapa waktu lalu.

“Aturannya sekarang tidak sama dengan yang sebelumnya, jadi tidak bisa serta-merta mengisi posisi camat,” kata Ugas, Minggu (14/5/2023).

Ia menambahkan, untuk mengisi jabatan camat, pejabat yang bisa dipilih haruslah lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Selain dari lulusan tersebut, kini sudah tidak bisa mengisi posisi camat.

“Sekarang harus lulusan sarjana pemerintahan. Selain dari itu tidak bisa, misalnya S.Sos, itu tidak bisa,” beber dia.

Meski begitu, untuk camat yang saat ini sedang menjabat, sekalipun bukan lulusan IPDN, hal itu bukan suatu masalah dan masih diperbolehkan.

“Kalau yang sudah telanjur jadi camat, tidak masalah, masih bisa terus. Tapi ke depan tentu kami akan menyesuaikan dengan aturannya,” ujar dia.

Selain camat, sejumlah jabatan Eselon II hingga saat ini juga masih belum terisi dan masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Misalnya posisi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Probolinggo yang ditinggal pensiun Budi Purwanto, kini dijabat oleh Plt.

Selanjutnya ada Edy Suryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang ditunjuk menjadi Plt Asisten III. Berlanjut, Agus Mukson yang didapuk sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip).

Baca Juga  Natal dan Tahun Baru Ini Saran MUI Kota Probolinggo

Kemudian, ada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Taufik Alami diamanahi menjadi Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Terakhir Kepala DKPUPP yang kini diisi Dwijoko Nurjayadi sebagai Plt. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …