Dispendukcapil Ujicoba Penerapan Tanda Tangan Elektronik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejak awal tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo mulai melakukan uji coba penerapan tanda tangan elektronik pada dokumen administrasi kependudukan, mulai dari Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran.

“Ini merupakan program baru dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, red). Hanya saja untuk sementara penerapannya masih pada sebatas KK saja,” kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo, Slamet Riyadi, Senin (25/3/2019).

Sedangkan untuk akte kelahiran, jelas Slamet, pihaknya masih menunggu kiriman blanko kosongan. Sebab, jika memakai blanko yang tersedia saat ini maka tulisannya akan tumpuk. “Sebab formatnya memang berbeda,” paparnya.

Tanda tangan elektronik itu, menurut Slamet, berbentuk barcode yang berada di dokumen administrasi kependudukan. Tanda tangan ini bisa mempercepat pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di setiap kecamatan atau Kantor Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo.

“Sebab, kepala dinas tidak perlu lagi tanda tangan manual yang memakan waktu cukup lama. Jadi ketika ada keperluan rapat atau tugas di luar, kepala dinas tetap bisa melakukan tanda tangan menggunakan barcode itu, bisa pakai tablet gadget saya menyetujuinya,” urainya.

Slamet menambahkan, dengan penggunaan tanda tangan elektronik ini maka pelayanan dokumen kependudukan akan lebih mudah. Setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantornya.

“Saat ini  kami masih terus melakukan perbaikan sistem dan pembenahan. Penerapan tanda tangan elektronik ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dengan cepat dan mudah,” pungkas dia. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Nyaris Ambruk, Rumah Korban Gempa di Pakuniran Direnovasi

Baca Juga

Cegah Kecelakaan Kendaraan Berpenumpang, Polisi di Kota Pasuruan Cek Kelayakan Bus

Pasuruan,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan Kota melakukan ramp check (pemeriksaan fisik kendaraan) bus …