Penderita DBD Terbanyak Anak, Sekolah Di-‘Fogging’

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pada puncak musim penghujan intensitas serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Probolinggo mengkhawatirkan. Terkait banyaknya anak terserang DBD, Pemkot Probolinggo melakukan pengasapan (fogging), Jumat (15/2/2019).

Berdasar pantauan PANTURA7.com, fogging dilakukan di  SDN Sukabumi IV di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Sukabumi,Kecamatan Mayangan. Diketahui di DS Sukabumi IV ini ada 6 pelajar yang terserang DBD, sebagian pelajar bahkan menjalani rawat inap. Mereka yang terserang DBD umurnya berkisar 5 sampai 12 tahun.

Walikota Hadi Zainal Abidin dan Dinas Kesehatan, petugas fogging akhirnya turun ke SDN Sukabumi IV. Rombongan dari Pemkot Probolinggo itu kemudian menyisir sudut-sudut ruang kelas maupun gudang serta pekarangan.

Anak-anak yang saat itu hendak pulang terlihat antusias menyambut Habib Hadi. Padahal mereka sudah disuruh segera pulang. Walikota mengakui, upaya fogging sebagai salah satu cara menekan angka DBD.

“Kita khawatir DBD ini makin meluas sehingga kita lakukan fogging di sekolah. Harapannya agar bisa membunuh nyamuk DBD,” kata walikota yang juga Pengasuh Ponpes Riyadlus Shalihin ini.

Namun fogging menurutnya, bukan yang utama. Harus ada pencegahan berupa Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang lebih efektif.

“Di samping fogging, upaya PSN ini perlu sekali. Pasalnya sebagai upaya pencegahan dan itu perlu keterlibatan semua pihak baik swasta dan masyarakat,” terangnya.

Diketahui sejak Januari 2019, ada 23 kasus DBD di Kota Probolinggo. Selama Februari  2019 (hingga 13 Februari) terdapat 18 kasus DBD dengan total 5 pasien yang masih dirawat di RSUD dr Mohamad Saleh.

Kepala Dinkes drg Ninik Ira Wibawati berharap, masyarakat untuk bersama-sama memberatas  nyamuk lewat PSN. Soalnya PSN merupakan langkah awal untuk mencegah penyebaran nyamuk dewasa.

“Upaya PSN tidak bisa sekali dua kali. Namun harus rutin dilalukan. Kami harap ini dilakukan rutin dan Dinkses siap memfasilitasi seperti obat jentik nyamuk dan sebagainya,” tandasnya. (*)

Baca Juga  Perangi Hoax, Polres Probolinggo Ajak Pengguna Medsos Jadi Smart Netizen

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …