Pedagang-Disperindag Saling Ngotot Soal Pasar Semampir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah pedagang di Pasar Semampir Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo rupanya masih berjualan diatas trotorar, meski sebelumnya telah dilarang oleh Satpol PP setempat. Kali ini, mereka berjualan dengan menggunakan tenda.

Salah satu pedagang yang masih berjualan, Sanu (71) ia mengaku nekad kembali berjualan karena lokasi tersebut lebih strategis untuk menarik para pembeli. Sementara di lantai 2, meski dibangun dengan anggaran senilai Rp. 5 miliar namun pembeli justru tak banyak.

“Disini lebih mudah terlihat oleh pembeli, kalau diatas sulit. Pembeli pasti malas kalau mau naik ke atas, ya jelas tidak bakal laku kalau jualan diatas,” kata Sanu, Jum’at (15/2/2019).

Ia menambahkan, rata-rata para pedagang akan tetap berjualan meskipun tidak mendirikan lapak. “Kemarin katanya melanggar karena berada di trotoar, tetapi coba kalau sore hari, pasti banyak yang jualan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi, pihaknya akan tetap meneetibkan  pedagang yang berjualan di trotoar. Mereka akan direlokasi ke lantai 2 yang dibangun sejak 2013 silam.

“Pedagang memang tidak mau menempati lantai 2 yang sudah dibangun dengan beberapa alasan, salah satunya karena sulit untuk menarik pembeli. Namun kalau di trotoar kan mengganggu,” kata Mahbub.

“Kalau penataan di lapak di lantai 2 pasar Semampir sudah selesai, maka pgang yang berjualan di trotoar akan segera kami pindahkan, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak pasar juga nanti,” ujar Mahbub.

Meski pedagang bergeming, namun pihaknya akan tetap melakukan penertiban. “Kami relokasi ke lantai 2 agar roda ekonomi berputar dan keramaian pasar tidak hanya di lantai dasar saja,” papar dia.

Diketahui, Satpol PP bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Perindustrian Perdagangan, menertibkan lapak para pedagang liar di sepanjang trotoar jalan Pasar Semampir, Kamis (14/2/2019) pagi. Selain melanggar peraturan daerah, mereka dianggap biang kemacetan. (*)

Baca Juga  Puluhan Hektar Pohon Kelapa Diserang Hama Ulat, ini Langkah Pemkab Lumajang

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Seru! Ratusan Atlet Ramaikan Mahameru Open Roller Skate ke-3 di Lumajang

Lumajang,- Sekitar 300 peserta dari berbagai daerah meramaikan kejuaraan Mahameru Open Roller Skate ke-3 tahun …