Pemkot Probolinggo Buka Rekrutmen Pegawai Setara PNS

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Rencana pemerintah untuk membuka jalur perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) disambut positif oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menuturkan, pemerintahannya membutuhkan 25 pegawai baru yang akan direkrut melalui jalur PPPK. Rinciannya, sebanyak 21 tenaga guru (K2) dan 4 lowongan di posisi sebagai penyuluh pertanian.

”Kuota sebanyak dua puluh lima orang ini nantinya akan benar-benar kita maksimalkan. Mereka test secara online dan dijamin tidak ada upaya lobi-lobi, artinya benar-benar diseleksi secara independen,” kata Habib Hadi yang didampingi Wawali M. Soufis Sobri saat ditemui di kantornya, Kamis (6/2/2019).

Rencananya, pendaftaran calon pegawai PPPK akan dimulai pada tanggal 8 hingga16 Februari 2019. Habib Hadi meminta semua warga Kota Probolinggo yang memiliki syarat dan kualifikasi, tidak melewatkan kesempatan tersebut.

“Manfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, karena dijamin murni. Tidak akan ada manipulasi ataupun lobi-lobi, saya jamin itu,” ujar politisi PKB ini.

Selain itu, Habib Hadi berpesan agar calon pendaftar PPPK berhati-hati dengan kemungkinan munculnya oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan rekrutmen ASN setara PNS ini. “Harus berhati-hati jangan sampai tertipu janji manis, apalagi sampai keluarkan uang,” tandasnya.

Diketahui, sesuai pasal 16 UU 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK, ada beberapa syarat bagi pendaftar calon PPPK. Syarat-syarat itu diantaranya, berusia minimal 20 tahun, tidak pernah dipidana dengan hukuman maksimal 2 tahun, tidak bergabung di partai politik (parpol), dan bukan pecatan ASN maupun anggota TNI-Polri.

Untuk kesejahteraan, jebolan PPPK juga mendapatkan gaji seperti PNS serta memperoleh tunjangan kerja. Bedanya, setelah purna tugas, PPPK tidak mendapatkan dana pensiunan seperti halnya PNS, tetapi mereka mendapatkan jaminan hari tua. (*)

Baca Juga  Pandemi, Tokoh Agama Dibekali Pelatihan Kewirausahaan

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …