Saat Polisi Tanamkan Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menciptakan generasi bangsa yang faham akan rambu-rambu dan taat aturan lalu lintas, harus ditanamkan sejak dini. Hal ini disadari betul oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo, dengan menggelar sosialisasi lalu lintas kepada siswa Taman Kanak-kanak.

Sosialisasi diberikan kepada ratusan siswa-siwi TK yang berada di bawah naungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Sabtu (12/1/2019). Sebelum diajak mengenali simbol lalin dan aturanya, siswa-siswi diajak berangkat ke sekolah dengan mengendarai sepeda angin.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi mengatakan, sosialisasi sengaja diberikan kepada anak-anak TK, karena anak usia dini ingatannya sangat kuat. Selain itu, usia dini merupakan usia yang tepat untuk membentuk karakter seseorang.

“Pendidikan usia dini itu hasilnya lebih maksimal daripada mensosialisasikan kepada remaja ataupun orang tua, apalagi jika itu berkaitan dengan peraturan lalu lintas,” kata Ega kepada PANTURA7.com.

Ega melanjutkan, sosialisasi ini juga untuk menghilangkan citra kepada anak-anak bahwa polisi menakutkan. Selama ini, kata dia, anggota kepolisian bak momok bagi masyarakat sehingga hal itu juga tertanam kepada anak usia dini.

“Kami pengayom masyarakat, kami juga mengabdi kepada masyarakat, jadi kami kenalkan kepada mereka bahwa kami bisa bergaul dengan siapapun, termasuk anak kecil. Polisi itu sahabat anak,” ujarnya.

Salah satu orang tua siswa, Siti Khoiriyah (34) menjelaskan, pendidikan bagi anak usia dini sangat penting untuk mendongkrak psikomotorik mereka. Dengan begitu, anak-anak bisa tertib lalu lintas sejak dini tanpa paksaan orang tua.

“Sangat bermanfaat, jadi anak-anak bisa pakai helm sendiri dan mereka juga sadar untuk tidak kebut-kebutan di jalan atau melanggar peraturan lalu lintas jika sudah besar nantinya,” kata wanita asal Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan ini. (*)

Baca Juga  APK-BK Rusak, Caleg Demokrat Lapor Bawaslu

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …