Secuil Tanda Nol Kilometer Kota Probolinggo Yang Terlupakan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Titik nol kilometer merupakan titik awal pengukuran antara sebuah kota dengan kota lainnya. Biasanya titik ini ditandai dengan monumen yang dijadikan kebanggaan warga kota. Lalu, bagaimana dengan titik nol di Kota Probolinggo?

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com, Minggu (6/1/2019), Titik nol kilometer Kota Probolinggo terletak di Jalan PB Sudirman, tepat sisi selatan RM Sumber Hidup, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. Tak ada monumen titik nol, yang ada hanya patok kecil yang sulit dilihat orang.

Nyatanya, banyak pihak yang tidak tahu-menahu tentang keberadaan titik nol ini.  Salah satunya Subagyo (40), warga Kecamatan Kedopok.  Ketika ditanya dimana letaknya, karyawan swasta ini justru tak tahu. Ia baru mengetahui ketika ditunjukkan lokasi keberadaannya.

“Wah, saya baru tahu ini mas soal lokasi titik nol. Saya malah tahunya ya dikasih tahu sampean ini,” Subagyo.

Sebagai warga asli Kota Probolinggo, ujar Subagyo, ia berharap ada tugu titik nol yang dibangun dengan baik dan menjadi kebanggaan warga kota. “Apalagi jika bisa dijadikan wahana pembelajaran sejarah, baik oleh warga Probolinggo maupun luarkota,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo Sumadi mengaku tidak tahu menahu soal lokasi titik nol di Kota Probolinggo. Selain tempatnya yang agak tersembunyi, tanda titik nol hanya berupa patok kecil yang terhalang pohon.

“Soal titik nol saya akan  laporkan ke Wali Kota. Jika nantinya hasil telaah disetujui Wali Kota, maka saya akan mengusulkan lokasinya di simpang tiga atau timur rumah makan Sumber Hidup,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat, Amin Freddy juga mengaku jika ia baru mengetahui kalau nol kilometer ada di selatan RM Sumber Hidup. “Kami tidak tahu, yang menentukan kami juga tidak tahu, apakah Pemerintahan Belanda atau Indonesia,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Empat Hari Terjebak Dalam Kanal, Hiu Paus Mulai Luka-luka

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …