Lindungi Anak Dari Gadget, Probolinggo Berkarya Gelar Pameran Anak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi modern, bak mata uang logam dengan dua sisi berbeda. Selain memberikan kecepatan informasi dan kemudahan komunikasi, teknologi modern dalam bentuk gadget juga menimbulkan dampak negatif.

Tak ingin dampak buruk perangkat elektronik modern mendominasi, khususnya bagi anak, komunitas seniman ‘Probolinggo Berkarya’ menggelar Pameran Anak di Pantai wisata Bentar. Kegiatan ramah anak ini berlangsung sejak Kamis hingga Minggu (13-16/12/2018).

Ketua Penyelenggara Pameran Anak, Indahsari menjelaskan, pameran anak bertajuk ‘Kreasi Warna Bocah’ khusus untuk pelajar PAUD, TK dan SD itu, bertujuan mengenalkan seni pada anak usia dini. Dengan begitu, pengaruh buruk gadget modern bisa dikurangi.

“Selain mengenalkan seni pada anak sejak dini, kegiatan ini bermaksud untuk mengembalikan anak pada dunia anak yang semestinya tanpa gadget tetapi belajar yang menyenangkan dan bermain permainan tradisional,” kata Indahsari.

Suasana pameran anak yang digelar komunitas Probolinggo Berkarya di Pantai Bentar selama 4 hari berturut-turut. (istimewa).

Dalam kegiatan ini, lanjut Indahsari, berbagai kegiatan edukatif dan ramah anak digelar. Pada hari pertama saja, pihaknya mengajak anak-anak menyaksikan gebyar seni tari tradisional dan santunan terhadap anak yatim.

“Pada hari kedua, ada workshop menggambar dan edukasi sejarah Probolinggo. Lalu juga pemutaran film anak,” papar seniman asal Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan ini.

Pada hari ketiga, tambah Indahsari, ada permainan anak tradisional dan on the spot menggambar laut. Kemudian kegiatan pemuda dakwah on the street serta belajar mengenal lingkungan yang diakhiri dengan kegiatan daur ulang sampah.

“Puncak acara, hari minggu, kami ajak anak-anak bersih-bersih laut, lalu literasi kepustakaan dan ditutup dengan tarian. Terima kasih kepada Perpusda dan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Komunitas Musang dan komunitas lain yang mendukung acara kami,” tandas dia. (*)

 

Baca Juga  Status Kepemilikan Tanah Tak Jelas, Perbaikan SDN Plaosan 'Ngambang'

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Top! Wakili Indonesia, 3 Santri MA Zainul Hasan Genggong Raih Merit Award di Thailand

Probolinggo,- Prestasi membanggakan ditorehkan tiga santri Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo …