Korban Banjir Bandang Tiris Krisis Air Bersih

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menyapu Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, masih menyisakan pilu bagi warga terdampak. Tak hanya merusak rumah dan bangunan, bencana itu juga menyebabkan warga kesulitan air bersih.

Kepala Desa (Kades) Andung Biru, Essam menjelaskan bahwa kesulitan air bersih yang diderita warganya terjadi karena sejumlah pipa saluran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) putus. Padahal selama ini, pipa itu digunakan untuk distribusi air bersih oleh warganya.

“Air yang disalurkan dari pipa-pipa PDAM itu sudah tak mengalir karena pipanya terputus. Sedangkan sumber mata air banyak yang sudah tertutupi lumpur ataupun material longsor,” katanya, Jum’at (14/12/2018).

Sadar air bersih sangat dibutuhkan oleh warganya, Essam mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait lain. Hal itu agar kesulitan air bersih yang diderita oleh 130 warga di 13 Kepala Keluarga (KK) segera teratasi.

“Tentu perbaikan pipa tidak bisa cepat, tetapi bertahap karena disini banyak yang perlu diperbaiki. Tapi akan kami upayakan droping air bersih memakai truk tangki secepat mungkin,” janji Essam.

Beberapa warga terlihat memanfaatkan salah satu sumber air. (maf)

Salah satu warga terdampak, Agus Subianto (41) menuturkan bahwa dengan putusnya pipa saluran air bersih, maka sebagian warga terpaksa mencari sumber mata air yang masih mengalirkan air bersih. “Kami manfaatkan air dari sumber itu untuk konsumsi sehari-hari,” papar pria bertubuh tegap ini.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang dan tanah longsor menerjang 4 desa di Kecamatan Tiris, pada Senin (10/12/2018) lalu. Bencana alam ini mengakibatkan 63 rumah dan bangunan rusak, 7 jembatan putus, sejumlah tebing longsor dan 2 warga meninggal dunia. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Baca Juga  Gerakan Sosial, Tanaszaha Krejengan Gelar Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis 

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …