Antisipasi Radikalisme, 30 Guru PNS Ditatar Wawasan Kebangsaan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya radikalisme yang berawal dari medsos, membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) was-was. Sebanyak 30 guru berstatus PNS ditatar wawasan kebangsaan agar tak terjerumus pada paham dan aksi radikalisme.

Tak hanya ditatar wawasan kebangsaan, mereka diharapkan cinta tanah air dan tidak terjerumus di dunia radikalisme termasuk terorisme.

Acara berlangsung di salah satu resto di Jalan Mayjend Panjaitan. Kepala Disdikpora Mochammad Maskur mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari antisipasi agar tak ada radikalisme di lingkungan pendidikan. Apalagi ini pasca ramainya polemik pawai anak TK bercadar dan bersenjata api replika.

“Ini sebagai antisipasi saja. Mereka 30 guru ditatar wawasan kebangsaan agar tidak terjerumus dalam radikalisme. Sehingga menciptakan Kota Probolinggo yang aman dan damai,” ucap Maskur Senin (4/12/2018).

Disinggung bahwa 30 guru tersebut terindikasi radikalisme, pihaknya dengan tegas membantah. “Ini antisipasi saja bahwa perlunya penguatan wawasan kebangsaan terhadap guru-guru,” tutup Mantan Kadinsos ini.

Sementara itu, turut hadir Kasat Bimas Polres Probolinggo Kota AKP Suharsono. Ia menuturkan, dikumpulkannya 30 guru tersebut memang sebahai upaya preventif dari masuknya radikalisme bagi kalangan guru.

“Memang bagian dari antisipasi radikalisme masuk dunia sekolah. Pasalnya kita akui, radikalisme mudah masuk melalui sosmed. Salah satu oknum pernah menyebarkan ajakan yang mengarah pada radikalisme beruntung sudah kita redakan,” ucap Suharsono.

Ia menambahkan, tak hanya paparan kebangsaan. Penanaman cinta tanah air dan NKRI juga menjadi komitmen bagi para guru yang hadir.

“Harapannya mereka bisa menjadi panutan dan tauladan nagi siswanya. Apalagi sebagai seorang yang digugu dan ditiru,” tandasnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Blarr!! Kantor LSM Penjara Dibondet

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …