Media Gathering, Walikota Ajak Wartawan Tingkatkan Profesionalitas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya informasi hoax, membuat Pemkot Probolinggo menggelar acara Media Gathering dengan sejumlah awak media. Acara yang digelar dua hari di Surabaya sejak Selasa (4/12/2018) itu diharapkan mendorong wartawan bersikap profesional dan menjadi pelurus informasi hoax.

Dibuka Walikota Rukmini, tak hanya dihadiri puluhan wartawan di Kota Probolinggo. Acara itu juga dihadiri Asisten Pemerintahan, Gogol Sudjarwo beserta jajaran Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD).

Media Gathering yang bertema “Keterbukaan Informasi , Filterisasi Hoax dan Profesionalisme Jurnalis” itu dibuka Walikota Rukmini, Selasa sore.

Dalam sambutannya Walikota Rukmini mengajak seluruh awak media untuk bersama-sama membangun Kota Probolinggo. Rukmini juga berpesan kepada awak media dalam menyampaikan pemberitaan tidak berpihak dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Media tidak boleh berpihak dan harus seimbang dalam menyampaikan berita serta harus sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kalau ada yang salah, saling mengingatkan dan jangan saling mengadili. Sehingga menciptakan suasana pemerintahan yang saling mendukung dengan insan media,” pesannya.

Di akhir sambutannya, Rukmini juga mengajak awak media untuk bersama-sama menolak dan memerangi hoax. Hoax ada bukan sekarang ini saja.

Sejarah di beberapa negara mencatat, bahwa hoax dapat meruntuhkan sebuah negara. Hoax yang sengaja dihembukan oleh pihak-pihak tertentu untuk menciptakan dan menebarkan permusuhan di masyarakat serta agar timbul ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dapat meruntuhkan pemerintahan.

Pada media gathering ini yang dilaksanakan menjelang akhir jabatan Rukmini, para awak media memberikan souvenir pada Rukmini. Souvenir lukisan kayu bakar bergambar Walikota Rukmini tengah menyulam batik.

“Kami berterima kasih pada Walikota Probolinggo. Ini sebagai bentuk apresiasi dari kami. Tak hanya ajang silaturahim, tapi bagian dari meningkatkan profesionalitas bagi insan media,” ucap Farid Pahlevi, perwakilan dari wartawan.

Baca Juga  Berkas Diabaikan Ketua Dewan, DPRD Lumajang Gagal Usulkan Nama Pj Bupati

Media Gathering ini tak hanya kali ini digelar Pemkot Probolinggo. Acara sebagai bukti wartawan mitra Pemkot Probolinggo sebelumnya pernah digelar pada tahun lalu di Malang. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Cegah Kecelakaan Kendaraan Berpenumpang, Polisi di Kota Pasuruan Cek Kelayakan Bus

Pasuruan,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan Kota melakukan ramp check (pemeriksaan fisik kendaraan) bus …