KPU Cetak Baliho Caleg, Nama Golkar Berubah Jadi Begini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Merasa dirugikan, DPD Partai Golongan Karya melapor kepada Bawaslu Kota Probolinggo terkait kesalahan cetak baliho daftar calon tetap (DCT) caleg DPRD Kota Probolinggo. Saat dipanggil Bawaslu, KPU mengakui, berubahnya nama Partai Golkar menjadi Partai Kebangkitan Indonesia Raya itu karena human error.

Berdasar data yang dihimpun PANTURA7.com, DCT salah cetak itu terpasang di lima Kecamatan di Kota Probolinggo. Terpampang nama Partai Golkar nomor urut 4 . Padahal nama Partai Kebangkitan Indonesia Raya (PKIR) sendiri bukan salah satu peserta Pileg 2019.

“Jadi kami dapat laporan pada Kamis malam dari Partai Golkar atas salah cetak baliho DCT di mana berubahnya nama Partai Golkar menjadi Partai Kebangkitan Indonesia Raya. Sehingga kami perlu menindaklanjuti untuk kita klarifikasi terkait kronologisnya,” ucap Samsun Ninilaw Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penanganan Sengketa  Bawaslu Kota Probolinggo, Jumat, (30/11/2018).

Gambar DCT yang terdapat kekeliruan dalam pencetakan nama salah satu Partai. (rs)

Namun pihaknya belum bisa memastikan ini salah siapa, apakah KPU atau pihak ketiga karena masih proses investigasi. Pasalnya Bawaslu masih akan memanggil pelapor yang dalam hal ini Partai Golkar. Sehingga perlu saksi untuk kemudian melanjutkan sampai teregister.

Sementara itu, Komisioner KPU yang datang ke kantor Bawaslu Tirmidzi mengakui, kedatangannya untuk memenuhi panggilan Bawaslu. Hal itu untuk dimintai keterangan penyebab baliho yang salah cetak.

“Ya kami dipanggil untuk klarifikasi. Yang jelas kami mengakui ada human error yang dilakukan oleh staf kami di  KPU. Namun kami sudah mengganti pada pagi hari dan akan mengevaluasi hal ini serta terima kasih atas perhatian awak media,” ucap Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU ini.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar, Audy Firmana mengakui, pihaknya melapor kepada Bawaslu. Pasalnya atas desain tersebut partainya dirugikan. “Ya merugikan kami, itu kan namanya berubah jauh sekali. Makanya kami laporkan,” ucapnya via selular.

Baca Juga  Raih Suara 48%, Handal Brillian Pimpin Kota Probolinggo

Rencananya Partai Golkar akan dipanggil besok, namun pihaknya masih koordinasi siapa yang hadir., Audy mengaku, tengah berada di luar kota.

Diketahui ada 30 calon tetap dari Golkar dalam Pileg DPRD Kota Probolinggo. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …