Menteri Kelautan dan Perikanan RI mendapatkan cinderamata dari Kepala Ponpes Nurul Jadid Paiton, KH Abdul Hamid Wahid. (maf)

Berkat Ikan, Ponpes Ini Kembali Ukir Rekor MURI

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid (NJ) Paiton, Kabupaten Probolinggo, mencatatkan diri dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Melalui makan ikan bersama ribuan santri, salah satu ponpes tertua ini menjadi pemegang rekor MURI kategori peserta terbanyak.

Sebanyak 12.110 santri dan santriwati yang membanjiri lapangan Universitas Nurul Jadid (Unuja) untuk makan ikan, menjadi rekor baru, melampaui catatan yang diukir oleh santri Ponpes Tebu Ireng Jombang. Santri ponpes Nurul Jadid, menghabiskan 4,5 ton ikan berbagai jenis yang dijadikan lauk pauk.

“Ini rekor baru, mengalahkan makan ikan makarel oleh santri terbanyak yang dipegang oleh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang pada 18 November 2016 yang diikuti oleh 8.800 santri,” ucap senior Manager MURI, Sri Widayati, Jum’at (2/11/2018).

Rekor MURI yang ditorehkan oleh ponpes yang diasuh oleh KH. Abdul Hamid Wahid ini, merupakan kali kedua sepanjang sejarah pesantren. Sebelumnya pada 22 Oktober 2017, ponpes Nurul Jadid menorehkan rekor yang tak kalah mentereng.

“Ponpes ini sebelumnya pernah kami anugerahi piagam penghargaan atas rekor makan nasi tabek (nasi bungkus, red) sebanyak 1.200 bungkus yang diikuti oleh 12.297 ribu santri dan santriwati,” tandas Sri Widayati.

Pengasuh Ponpes Nurul Jadid, KH. Abdul Hamid Wahid menyambut baik apresiasi yang diberikan oleh MURI. “Alhamdulillah kreatifitas kita diakui oleh MURI. Tapi diluar itu, terpenting adalah menanamkan nilai-nilai positif kepada santri, salah satunya cinta tanah air dengan gemar makan ikan,” paparnya.

Diketahui, Ponpes Nurul Jadid di Desa Karang Anyar, Kecamatan Paiton, menggelar giat makan ikan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, Jum’at pagi. Kampanye makan ikan ini juga dihadiri oleh putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (*)

Baca Juga  PMII Probolinggo Bantu Palu dan Donggala

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Gabung di Kloter 43, CJH Kota Probolinggo Akan Berangkat 21 Mei 

Probolinggo,- Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Probolinggo masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) …