Hiu Tutul Kembali Muncul di Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Petugas kepolisian tengah siaga. Kemunculan hiu tutul langka di perairan laut Probolinggo yang tengah jadi perhatian mereka. Sejak beberapa hari terakhir kemunculannya, polisi terus mengamati agar hiu-hiu yang dilindungi ini tidak terjerat jaring nelayan.

“Kami secara rutin bersama dengan anggota terus melakukan pemantauan dan penjagaan terhadap hiu tutul yang ada di perairan Probolinggo,” kata Kasat Polair Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno saat melakukan pemantauan di perairan pantai Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Jumat pagi (2/11/2018).

Ia menuturkan, hiu-hiu langka ini harus terus dijaga kelestariannya. Kendati Jumat pagi itu hanya dijumpai dua ekor hiu tutul, Polair waspada akan keselamatan ikan yang dijaga kelestariannya itu.

“Biasanya panjang ikan ini mencapai 6-7 meter dengan lebar 2-2,5 meter. Biasanya mereka berkeliling mulai perairan Kecamatan Tongas, menuju sekitar perairan Pulau Giliketapang, Kecamatan Sumberasih, dan bermain di sekitar Pantai Bentar, Kecamatan Gending,” jelasnya.

AKP Slamet menambahkan, kemunculan hiu tutul lebih sering terjadi di akhir tahun yakni, sekitar bulan November-Desember.

“Memang biasanya banyak kemunculan hiu tutul di akhir-akhir tahun. Utamanya di utara Pelabuhan Tanjung Tembaga, mereka bermain-main di sana,” ujarnya.

Karena jumlahnya yang semakin sedikit, polisi mengimbau nelayan agar lebih hati-hati ketika melaut. Dia mengingatkan kepada nelayan agar segera melepas kembali hiu-hiu ini jika ada yang tersangkut jaring mereka. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  2 Motor Adu Moncong, 2 Pemuda Meregang Nyawa

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …