Dilantik KH Mutawakkil, PCNU Kota Probolinggo Diminta Perangi Hoax

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, PWNU Jatim melantik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo periode 2018-2023 di halaman Rumah Sakit NU setempat, Minggu malam (21/10/2018). Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Mutawakkil ‘Alallah usai melantik mengingatkan, agar PCNU Kota Probolinggo menjadi penggerak dalam memerangi hoax.

Pelantikan PCNU dihadiri sejumlah tokoh di antaranya, MUI Kota Probolinggo, Walikota terpilih Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, dan jajaran Forpimda Kota Probolinggo.

Prosesi pelantikan PCNU ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan para pengurus syuriah dan tanfidziyah oleh KH Mutawakkil. Ketua Syuriah, KH Lubabul Khoir dan Ketua Tanfidziah, H Samsur didampingi jajaran pengurus membacakan naskah sumpah jabatan sesuai arahan Pengasuh Pesantren Genggong, Kabupaten Probolinggo itu.

Dalam sambutannya, KH Mutawakkil berharap, PCNU 2018-2023 ini kiprahnya lebih baik lagi. PCNU juga diingatkan, agar berperan memerangi informasi hoax.

“Ke depan PCNU harus menjadi garda terdepan dalam memerangi hoax. Pasalnya banyak oknum menyebarkan hoax atas dasar membela agama. Padahal itu bukan murni, namun untuk kepentingan politik. Ini sangat berbahaya dan ini tantangan PCNU ke depan,” katanya.

Mantan Ketua Tanfidziah PWNU Jatim itu juga berpesan, agar PCNU senantiasa menggunakan cara-cara santun dalam berdakwah. Pertimbangannya, NU diwariskan oleh para wali (auliya’).

“Maka kita harus menggunakan cara dakwahnya para auliya’, meluruskan yang batil dengan sentuhan kelembutan hati penuh hikmah lalu diberi nasihat. Bukan dengan hujatan,” tegasnya.

Ketua PCNU H Samsur, meminta restu pada sejumlah ulama dan undangan agar program-program PCNU ke depan terlaksana dengan baik.

“Semoga senantiasa mampu melaksanakan arahan para ulama. Dan tentunya program pendidikan di Ma’arif yang menjadi prioritas semoga terlaksana dengan baik. Ditengah maraknya radikalisme di kalangan pemuda, menjadi tantangan kader kader NU. Mohon doa restunya,” kata H Samsur.

Baca Juga  Besok, Festival Al-Banjari se Jawa Timur Digelar di Rangkang

Pelantikan PCNU Kota Probolinggo sekaligus dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, CJH Kota Probolinggo Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo,- Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo pada Kamis (2/5/24) …