Meriahkan Hari Batik, Bocah-Bocah di Kraksaan Membatik Massal

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 136 siswa Kelompok Bermain (KB) Raudlatul Athfal (RA) Umi Sundari, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ikuti lomba membatik, Selasa (2/10/2018). Selain kenalkan batik sejak dini, lomba ini sekaligus memeriahkan hari batik nasional.

Bocah-bocah yang masih berusia 2-3 tahun, dikenalkan dengan aneka ragam bentuk batik berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membatik. Selain itu, mereka diajari teknik dasar membatik dengan bimbingan gurunya masing-masing.

Kepala KB RA Umi Sundari, Eva Purnamasari mengatakan, lomba membatik bertujuan untuk mengenalkan budaya bangsa, juga untuk mengasah mental dan psikomotorik siswa-siswi sejak dini. Targetnya, agar kecintaan anak didik terhadap budaya bangsa tumbuh.

“Mengenalkan budaya dan menanamkan rasa cinta terhadap budaya sangat penting, terutama soal batik. Dengan begitu, maka anak didik tahu identitas bangsanya sejak dini,” kata wanita yang juga pemilik batik Ronggomukti ini.

Selain melatih psikomotorik anak didik, lomba membatik ini merupaan agenda rutin lembaga pendidikan itu dalam Hari Batik Nasional, yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Karya batik terbaik, bakal mendapatkan bingkisan menarik dari sekolah.

“Setiap tahun, pasti ada agenda untuk memperingati ‘Hari Batik Nasional’. Kali ini dibentuk perlombaan, dimana siswa mewarnai beberapa motif batik yang sudah disediakan oleh guru-guru disini, batiknya bermotif khas Probolinggo,” tandas Eva. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Dugaan Penculikan Anak Meresahkan, Dispendik Keluarkan Surat Edaran

Baca Juga

Berkah Lebaran, Penjual Selongsong Ketupat di Lumajang Banjir Pesanan

Lumajang,- Lebaran ketupat membuat Nurma Hidayah (32), pedagang janur dan kupat di Pasar Baru Lumajang, …