Senangnya Siswa di Pasuruan Bisa Belajar Tatap Muka

PASURUAN,- Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melakukan uji coba sekolah tatap muka atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sejak Kamis (20/5/21) kemarin. Uji coba digelar serentak di seluruh SD dan SMP, baik negeri maupun swasta.

Sejumlah siswa di SDN Kebonagung, Kota Pasuruan yang mengikuti uji coba sekolah tatap muka mengaku lebih antusias belajar langsung ketimbang dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dalam jaringan (daring).

“Kalau sekolah di rumah itu kesepian karena tidak ada teman. Jadi saya lebih suka belajar di sekolah,” kata Firias, siswi kelas 6 SDN Gentong ditemui PANTURA7.com, Jumat (21/5/21).

Siswa lainnya, Fariz, juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, belajar di sekolah lebih mudah jika dibandingkan saat belajar di rumah. Tak heran ia senang bukan kepalang selama mengikuti uji coba tatap muka.

“Lebih enak di sekolah bisa ketemu guru dan belajarnya lebih mudah. Saya kepingin belajar di sekolah ini berlanjut terus,” harap bocah ini.

Kepala SDN Kebonagung, Hamidah mengatakan, pada hari ini kelas 1 dipulangkan pukul 08.30 WIB. 15 menit berikutnya kelas 2 dan 5. Lalu 15 menit berikutnya kelas 3 sehingga kelas 1, 2 dan 3 tuntas di jam 09.00 WIB.

Sementata untuk kelas 6, karena kegiatan efektif kelas 6 sudah selesai, guru kelas hanya menambah pengayaan, sehingga jam 10.00 WIB, pembelajaran siswa kelas 6 sudah bisa diakhiri.

“Sedangkan kelas 4, idiakhiri pada pukul 10.15 WIB dan untuk kelas 5 diakhiri pada pukul 10.30 WIB. Dengan cara ini, diharapkan tidak terjadi penumpukan,” beber Hamidah.

Ditanya apakah ia yakin uji coba ini tidak menjadi klaster baru penyebaran virus korona, Hamidah optimis ketakutan itu tidak akan menjadi kenyataan. Sebab prokes ketat sudah diterapkan oleh sekolah.

Baca Juga  Sistem Error, UNBK Hari Pertama Molor 1 Jam

“Kemarin, ketika keliling ke semua kelas, ada sekitar 9 sampai 10 anak, ternyata di salah satu kelas ada yang 8 anak. Mudah-mudahan tidak ada masalah disini,” tukasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …