Dari Rekaman CCTV, Maling Sapi ‘Elit’ Ditangkap

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Aksi pencurian hewan (curwan) sapi yang terekam camera circuit on televesion (CCTV ), 30 Agustus 2018 lalu di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo terungkap. Polisi menangkap satu dari empat pelaku, yakni Slamet (23), warga Pohsangit Tengah, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Kepada penyidik Polresta Probolinggo, Slamet menceritakan bagaimana ia beraksi bersama komplotannya. Komplotan ini tergolong ‘elite’ karena menggunakan mobil Toyota Avanza untuk membawa ternak hasil curian.

“Kami berempat, membawa Avanza saat mencuri sapi di Ketapang. Begitu dapat, sapinya  dijual ke pasar hewan, uangnya dibagi rata,” kata Slamet kepada PANTURA7.com saat ditemui di Mapolresta Probolinggo, Senin (17/9/2018).

Diceritakan, malam itu mereka berempat memarkir Avanza di dekat rumah Pak Mad, di belakang Polsek Kademangan. Rahmad bertugas menjaga mobil Avanza, sementara tiga lainnya mencuri sapi.

Namun aksi, Slamet, Samad dan Ridho saat menuntun sapi terekam CCTV yang dipasang di rumah Ketua RT 1/TW 2 Ketapang, Muhammad Haufil. Berbekal rekaman CCTV itu polisi pun akhirnya berhasil mengindentifikasi keempat tersangka.

“Tersangka Slamet ini perannya menjaga agar pencurian sapi berjalan lancar, dia pelaku yang dalam rekaman CCTV membawa celurit,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal.

Polisi akhirnya berhasil menangkap Slamet, sementara tiga pelaku lain berhasil kabur. Mereka adalah Samad warga Pohsangit Tengah, Ridho warga Pohsangit Lor, dan Rahmad warga Sumberwetan, Kecamatan Kedopok.

“Dari penangkapan ini,  kami menyita barang bukti tali pengikat sapi dan celurit milik tersangka. Untuk tersangka yang kabur, masih kita lakukan pengejaran,” tandas Alfian. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Curanmor di 40 TKP, Ayah-anak Dibekuk Polisi

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …