Demi Tonton Pawai Semipro,  Anak-anak Naik Gardu PLN

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Meriahnya penampilan pawai budaya di Kota Probolinggo, Minggu (26/8/2018) siang,  tak sepenuhnya dirasakan masyarakat. Pendeknya rute yang hanya sekitar 500 meter membuat penonton berjubel di kiri-kanan rute.

Bahkan ada sejumlah bocah nekat naik kotak (box) di gardu listrik milik PLN demi bisa menyaksikan pawai budaya. Hal itu dinilai berbahaya karena mereka rawan terjatuh atau tersengat listrik saat asyik menikmati pawai budaya.

Sebagian penonton juga terlihat menaiki bagian atas bangunan demi bisa menyaksikan pawai budaya. Apalagi tidak semua titik bisa digunakan untuk menonton pawai karena terbentur pohon dan pot bunga.

Keluhan para penonton pawai budaya dengan start di simpang tiga Jalan dr Soetomo (depan Toko Jatiluhur) hingga finish di depan Kantor Walikota (Pemkot) Probolinggo itu juga ditumpahkan melalui media sosial (medsos).

Sejumlah warganet (nitizen) mengeluhkan kekecewaannya di antaranya, melalui Facebook (FB). Tidak hanya mengeluh di dunia maya, sebagian penonton di dunia nyata juga tak kalah menggerutunya terkait pawai budaya.

Salah satu tarian yang ditampilkan dalam Pawai Budaya Nusantara Semipro 2018, Minggu (26/8/2018).

“Saya kecewa rutenya terlalu pendek, padahal sebelumnya gak seperti ini. Apalagi saya dengar berubah-ubah rutenya,” kata Rennyta Subandi, salah satu penonton asal Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Hal yang sama disampaikan Bobbi warga Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih. Demi mendapatkan tempat yang pas, ia sampai datang pukul 10.00 WIB padahal pawai baru dimulai sekitar pukul 12.00 WIB.

“Saya datang jam sepuluh, eh ternyata penonton sudah berdesak-desakan. Karena tidak bawa payung dan panas akhirnya saya mengalah di belakang,” ujarnya.

menyikapo keluhan sebagian penonton, pihak panitia yang diwakili Tutang Heru Aribowo mengaku, akan mengevaluasi pawai budaya, demi perbaikan ke depan. “Nanti kami evaluasi untuk pelaksanaan yang akan datang,” katanya.

Baca Juga  Pantau Perairan, Jamin Keamanan Nelayan

Pawai budaya dalam rangka Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2018 dan Hari jadi Kota Probolinggo ke-659 ini juga diikuti oleh peserta dari luar Kota Probolinggo di antaranya, Kabupaten Probolinggo, Malang, Sleman, Banyuwangi , Boyolali dan Pamekasan. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …