Jelang Idul Adha Harga Daging Ayam Turun

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang Idul Adha 1439 Hijriyah, harga daging ayam di pasar tradisional di Kota Probolinggo berangsur turun setelah satu bulan bertahan dengan harga yang lumayan tinggi.

Seorang pedagang ayam di Pasar Baru Kota Probolinggo Rohimah (44) mengatakan, saat ini harga daging ayam broiler Rp 35 ribu per kilogram (kg). Menurut dia, penurunan harga berlangsung bertahap sejak dua minggu terakhir, yakni dari Rp 42 ribu ke Rp 38 ribu, kemudian turun lagi menjadi Rp 35 ribu per kg.

“Ayam horn (broiler) sudah turun, sudah dua mingguan ini turun. Pasaran kemarin masih Rp 42 ribu per kg, sekarang Rp 35 ribu per kilogram sudah mulai turun,” kata Rohimah, Kamis (16/8/2018).

Tak hanya itu, kata dia, daging ayam kampung pun turun dari sebelumnya Rp 65 ribu menjadi Rp 50 ribu per kg.

Turunnya harga ayam, diduga semakin dekatnya hari raya Idul Adha. Menurut Rohimah, saat itu banyak daging hewan kurban yang dibagikan sehingga permintaan daging ayam menurun.

Saat ini pedagang lebih banyak mengandalkan pembelian skala besar, untuk keperluan hajatan pernikahan, khitanan atau selamatan lainnya.

Sementara itu, Ernawati (30) warga Triwung Kidul mengaku, senang dengan turunnya harga daging ayam. Pasalnya lama ia mengeluh karena harga di atas Rp 30 ribu.

“Kembali normal jadi bisa beli daging ayam lagi. Kalau dulu kan sedikit menahan karena harga mahal,” kata Ernawati. (*)

 

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Harga Melonjak, Petani Bawang Merah Pun Tersenyum Lebar

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …