Embun Salju Bromo Diburu Wisatawan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Fenomena embun yang membeku menjadi salju di kawasan Gunung Bromo, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mereka berbondong-bondong mengujungi destinasi wisata internasional itu.

Fenomena salju ini terjadi akibat suhu dingin yang mencapai hingga minus 2 derajat celsius sejak 4 hari terakhir. Buliran salju mengendap di tetumbuhan dan lautan pasir Bromo sejak malam hingga matahari terbit.

Salah seorang wisatawan asal Surabaya Rania Wijayanti (27) nampak mengabadikan fenomena ini melalui kamera ponselnya. Ia mengaku takjub dengan keindahan alam yang jarang sekali terjadi di kawasan tersebut.

“Jarang sekali fenomena salju ini terjadi, sayang sekali kalau dilewatkan,” kata Rania kepada PANTURA7.com, Sabtu (4/8/2018).

Pengunjung padati kawasan Gunung Bromo untuk melihat fenomena embun salju. (rs)

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Alam (PVMBG) Gunung Bromo, Ahmad Subhan, menuturkan suhu di sekitar pos terpantau 2° Celsius pada pukul 5.00 WIB. Sedangkan pada dini hari, kondisinya 1 sampai 2 derajat lebih dingin sampai minus 2° Celsius.

“Dalam seminggu ini suhu semakin turun. Kondisi ini menandakan mulai masuk musim kemarau untuk Bromo. Kalau air atau embun sampai menjadi es, berarti suhunya bisa nol derajat atau di bawahnya,” ujar Subhan.

Dengan kondisi seperti itu, Subhan menyarankan kepada pengunjung  di kawasan Bromo untuk menyiapkan perlengkapan ekstra saat berkunjung. Di antaranya jaket, sarung tangan, kerpus dan lain sebagainya.

“Agar tak terkena Hypotermia ayau kedinginan upayakan peralatan . Dan yang paling utama itu adalah badan harus fit saat naik ke sini,” tutup pria asal Banyuwangi ini. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  MUI Imbau Warga Tak Berlebihan Rayakan Tahun Baru

Baca Juga

Liburan Usai, Dua Destinasi Banyubiru di Pasuruan Masih Membludak

Pasuruan,- Ribuan wisatawan memadati dua objek wisata di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada …