‘Nyolong’ di Toko, Pemuda Maron Dihakimi Warga

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Aksi main hakim sendiri terhadap pelaku tindak kirminal kembali terjadi di wilayah Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Pelaku yang tertangkap, sempat dihakimi massa sebelum diselamatkan oleh kepala desa (Kades) setempat.

Informasi yang dihimpun, aksi pencurian terjadi di toko pracangan milik Riana (42) warga Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Selasa (17/7/2018). Pencurian dilakukan oleh Saputran Aprillia (28) warga Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Pelaku melakukan aksinya saat melihat situasi disekitar toko lengang. Pelaku beraksi dua kali. Dalam kesempatan pertama, pelaku membawa tas yang berada didalam toko. Tak puas, pelaku kembali masuk dan mengambil uang yang ada di laci toko.

Nahas, aksi kedua ini justru dipergoki oleh pemilik toko. Spontan korban langsung berteriak maling sehingga menimbulkan kegaduhan. Warga berdatangan dan mengejar pelaku yang mencoba melarikan diri.

“Saya waktu itu ada di dalam rumah, tokonya ada di depan rumah. Begitu kembali ke toko, ternyata ada orang berjaket ambil uang dan barang. Ya saya teriak maling,” kata Riana kepada wartawan.

Sempat dipukuli warga, nyawa korban selamat setelah Kades setempat, Samsul Bahri, membawa pelaku ke rumahnya. Hal ini dilakukan agar aksi main hakim oleh warga tidak sampai merenggut nyawa pelaku. Oleh kades, pelaku diserahkan kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Tiris AKP Ida Bagus Gede KW menyampaikan bahwa dalam tindak pencurian ini pihaknya mengamankan uang hasil curian sebesar Rp. 950 ribu serta satu unit sepeda motor milik pelaku. “Pelaku kami tahan, untuk kelanjutan kasus, masih kami kembangkan,” urai Ida Bagus.

Diketahui, aksi main hakim sebelumnya terjadi di Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris, Senin (9/7/2018) lalu. Saat itu, seorang pelaku pencurian berinisial SH, tewas usai dibakar oleh massa hidup-hidup. Massa tersulut emosi karena pelaku nekad mencuri sepeda motor milik warga, yang diparkir di dalam rumahnya. (*)

Baca Juga  Sebelum Dilantik, 30 Anggota DPRD Diminta Aktifkan SKCK

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga

Ada Mobil tak Bertuan di Jalan Raya Bromo, Sudah Sepekan Terparkir

Probolinggo,- Warga Jalan Raya Bromo, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Kamis (16/5/24) digegerkan …