Presiden Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pasuruan

PASURUAN-PANTURA7.com, Didampingi sejumlah menteri kabinet, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), meresmikan tol Gempol – Pasuruan (Gempas) Seksi 2 sepanjang 6,6 kilometer (KM), Jumat (22/6/2018) sore. Lokasi peresmian terletak exit tol Gempas sisi ujung timur, yang terletak di Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Jokowi dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 14.35 dan langsung melakukan peresmian. Proses peresmian ditandai dengan penekanan sirine oleh Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Aryani, dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Tol Gempas terdiri dari tiga seksi, meliputi seksi1 dari Gempol-Rembang sepanjang 13,9 kilometer. Selanjutnya seksi 2 dari Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer. Terakhir seksi 3 Pasuruan-Grati, sejauh 13,65 kilometer total ruas tol ini memanjang sejauh 34,15 kilometer.

Seksi 1 tol Gempol-Rembang sudah dioperasikan sejak 2017 silam, sementara seksi 2 dari Rembang-Pasuruan dioperasikan fungsional selama arus mudik dan balik lebaran 2018. Adapun seksi 3 Pasuruan-Grati sejauh ini masih dalam tahap konstruksi.

Tol Gempas yang diresmikan oleh Presiden Jokowi, Jum’at (22/6/2018).

“Kita ingin masyarakat diuntungkan, artinya dengan kecepatan mobilitas barang, logistik barang bisa lebih cepat dan lebih murah. Saya kira semua negara membangun infrastruktur arahnya kesana. Yang kedua, tol ini harus terintegrasi dengan titik-titik pertumbuhan ekonomi, baik itu industri, pelabuhan dan sebagainya,” kata Jokowi seusai meresmikan tol Gempas.

Lebih jauh, Jokowi menjelaskan bahwa pengerjaan ruas tol dikerjakan oleh investor baik BUMN (Badan Usaha Milik Negara, red) atau swasta. “Oleh sebab itu, penentuan tarif jalan tol harus berbicara dengan mereka, kita ingin investor juga diuntungkan,” imbuh Presiden RI ketujuh ini.

Seusai meresmikan, Jokowi dan rombongan meninjau exit tol sembari berbincang santai dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Beberapa menit kemudian, Jokowi dan rombongan bertolak ke Jakarta. (*)

Baca Juga  Tekan Pelanggaran, Panwaslu Pakuniran Sebar Posko Pengaduan Desa

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …