Perkuat Nasionalisme, Pemkot Probolinggo Gelar Kirab Pancasila

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekitar seribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, melakukan aksi kirab dengan mengelilingi jalur protokol kota, Jum’at (22/6/2018).

Selain untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, parade massal kali ini juga bertujuan guna menangkis masuknya faham radikalisme di jajaran pegawai aparatur negara. Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini melepas langsung peserta kirab.

Kirab bertema ‘Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi’ diikuti PNS dari 41 Satuan Kerja Pemerintah daerah (SKPD) setempat. Dengan mengenakan beragam busana adat, mereka mengelilingi jalanan kota, mulai dari halaman kantor Pemkot Probolinggo, Jl. dr Soetomo-Jl Suroyo, lali kembali ke titik awal.

Salah seorang peserta kirab, Ana Anggraeni mengaku senang mengikuti jalannya kirab. Selain menjadi tradisi baru dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, juga dapat memperkuat tali silaturahmi antara ASN.

“Senang selain pakai busana adat bisa bersilaturahim dengan yang lain karena masih nuansa lebaran,” kata PNS dari Dinas Kesehatan ini.

Sementara itu, Panitia Kirab Pramito Legowo menyampaikan, selain untuk mengimplementasikan Pancasila, kirab bertujuan memperkuat rasa nasionalisme di jajaran PNS, termasuk mencegah masuknya radikalisme di lingkungan PNS.

“Ini untuk memupuk kebersamaan antar PNS, apalagi ini masih dalam nuansa lebaran. Harapannya, kirab ini dapat melebur perbedaan dan saling menghormati satu sam lain,” papar Pramito. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifli

Baca Juga  Bursa Sekda Kabupaten Probolinggo Sisakan 7 Nama

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …