Metamorfosa Kampung Nabernah, Dari Kampung Kumuh Jadi Kampung Wisata

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kampung Nabernah (kampung warna-warni red), terdengar dari namanya saja kampung ini memiliki keistimewaan di dalamnya.

Terletak di RT 3 RW 14, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Kampung ini yang dulunya terkenal kumuh, kini telah berubah menjadi kampung wisata.

Disebut nabernah, karena kampung ini dicat warna warni dengan aneka warna yang menghiasai pemukiman warga. Padahal dahulunya kampung ini dikenal kampung Kali Banger (sungai dengan aliran kotor dan berbau, red).

Abdullah, ketua RT setempat mengatakan, dahulunya perkampungan kali banger adalah perkampungan padat penduduk, dan terkesan kumuh. Inisiatif pun muncul, saat warga melihat kampung Jodipan di Malang.

“Dulu ini kurang perhatian mas dari pemerintah, jadi warga sepakat atas ide tokoh masyarakat, untuk gotong royong mewarnai kampung,” ujar Abdullah pada Minggu (6/5/2018)

Sementara itu, Salah satu penggagas kampung Nabernah, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, jika kampung nabernah bisa menjad ikon Kota Probolinggo, lantaran keberadaan aliran sungai banger bagian dari sejarah Kota Probolinggo.

“Harapannya selain jadi ikon, kampung nabernah bisa menjadi daya tarik wisata dan sumber geliat ekonomi seperti di Malang,” papar Habib Hadi.

Kedepan, tak hanya dinding dan bantaran sungai, rencananya genting dan pagar rumah warga juga akan dihiasi cat warna warni oleh warga setempat. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifly

Baca Juga  Bermesraan Dengan Janda, OB Rumah Sakit Diamankan Pol PP

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …