Apotek dan Toko Bangunan di Kota Probolinggo Dirazia, Ada Apa?

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tim gabungan dari unsur Polresta Probolinggo, Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), melakukan razia ke sejumlah apotek dan toko bangunan, Rabu (25/4/2018).

Razia dilakukan untuk mencari bahan dasar dan penyalahgunaan obat-obatan, maupun bahan-bahan bangunan, yang kerap dipakai sebagai campuran saat pesta minuman keras.

Beberapa bahan campuran yang menjadi atensi petugas diantaranya adalah obat batuk, obat nyamuk atau bahkan bahan yang paling ekstrem yakni spirtus.

Sedangkan sejumlah titik yang menjadi sasaran razia petugas, yakni sebuah apotek dan toko bangunan berlokasi di jalan Panglima Sudirman kota setempat.

Dilokasi tersebut, petugas menghimbau para penjaga, maupun pemilik toko agar tidak menjual sembarangan obat-obatan, maupun bahan bangunan yang berbahaya.

Sebagai langkah kongkritnya, petugas memberikan selebaran berisi himbauan tertulis, agar tidak menjual atau membeli obat-obatan berbahaya maupun bahan bangunan secara sembarangan.

“Jadi kami melakukan antisipasi, jangan sampai ada penyalahgunaan obat kimia dan obat ilegal di daerah kita,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal saat memimpin sidak.

Dalam razia itu, petugas tidak menyita obat-obatan atau bahan bangunan yang diduga menjadi campuran miras. “Kami himbau kepada apotek, jika ada sales yang menawarkan obat-obatan ilegal, agar segera melapor kepada kami,” jelas dia.

Sementara itu, Kasi Farmasi Dinas Kesehatan kota Probolinggo, Triana Wawangsari meminta, agar para penjaga apotek ataupun pemilik lebih waspada, dalam menjual obat-obatan agar barang dagangannya tak disalahgunakan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

“Beberapa obat banyak yang disalah gunakan seperti obat batuk misalnya. Oleh karenanya, kami minta pemilik apotek juga turut mengawasi,” tutur perempuan berhijab ini. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Terpapar Covid-19, Kepala Puskesmas Gending Meninggal Dunia

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …