Jadi Kawasan Terlarang, Alun-alun Kraksaan Kembali Marak PKL

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) kembali terlihat berjualan di sekitar alun-alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Padahal kawasan itu merupakan zona terlarang bagi PKL, karena dianggap mengganggu keindahan tatanan kota.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo telah menyediakan kawasan khusus bagi PKL, yakni PKL semarak yang terletak di belakang Masjid Alun-alun. Namun belum setahun kawasan alun-alun steril, PKL kembali menjamur, bahkan keberadaannya lebih mencolok mata karena stand jualan mayoritas terletak di sisi selatan alun-alun.

Salah satu PKL, Aan (33) yang berjualan minuman es dan kopi mengatakan, ia nekad kembali berjualan karena pendapatan turun drastis saat berjualan di PKL semarak. Meski tahu jika zona itu kawasan terlarang, namun ia yakin tidak akan diusir Pemkab Probolinggo asal bisa tertib dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Kalau di Sentra PKL itu sepi mas, kalau tidak akrab dengan pemuda ya dagangan tidak laku. Akhirnya saya pindah kesini, buka dari jam delapan sampai jam 3 sore. Kalau sepi penghasilan tidak sampai Rp 100 ribu, tapi jika ramai pendapatan bisa Rp 300 ribu per hari,” jelas pria asal Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan ini.

Terpisah, Kanit Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo kepada PANTURA7.com mengatakan, para PKL yang kembali berjualan di area alun-alun itu sudah seringkali diperingatkan. Namun mereka bergeming dan tetap berjualan seperti semula.

“Sudah kami peringatkan, bahkan sudah ada banner larangan untuk berjualan di sekitar alun-alun, tapi itu tidak digubris. Kami petugas Satpol PP akan bergerak dan mengambil langkah, agar alun-alun kembali bersih dan nyaman bagi warga,” papar Budi. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Baca Juga  Zulmi Pimpin Dewan Kesenian Bagikan Sembako di 41 Titik

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …