Masuk Zona Merah, Polres Probolinggo Perketat Debat Kandidat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang debat kandidat pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Probolinggo, Polres Probolinggo mengadakan rapat koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kodim 0820 serta timses dari masing-masing Paslon, Kamis (12/4/2018).

Kapolres Probolinggo AKPB Fadly Samad menyebut koordinasi itu untuk membicarakan teknis pengamanan debat kandidat pada 16 April 2018 nanti. Sebab, sebagai zona merah keamanan pemilu, pengamanan Pilkada Kabupaten Probolinggo harus mendapat pengamanan berlipat.

“Mengingat dalam pilkada sebelumnya, entah itu di Kota atau Kabupaten sama-sama ricuh. Karena hal itulah, yang menjadi alasan Probolinggo masuk dalam daftar Zona Merah pilkada,” jelas Fadly kepada wartawan.

Selain berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kabupaten Probolinggo, pihaknya kata Kapolres, juga sudah berkoordinasi dengan Polrestabes Surabay dan Polda Jatim untuk membantu melakukan pengawalan. “Itu untuk menekan gesekan dan bumbu konlfik diantara paslon dan timsesnya,” Fadly menambahkan.

Untuk pengawalan keamanan debat kandidat, Polres Probolinggo menyiapkan dua peleton pasukan. Satu peleton sifatnya siaga, sedangkan satu peleton lain akan mengawal perjalanan 100 orang undangan, dengan rincian 20 undangan FIF, 80 undangan bagi timses kedua paslon.

Selama perjalanan menuju Surabaya untuk menghadiri debat kandidat, masing-masing paslon dilarang melakukan konfoi dan semacamnya, “Pemilihan ini merupakan pesta demokrasi, dalam pesta seharusnya dipenuhi kegembiraan dan keceriaan, bukan permusuhan atau bahkan ketakutan,” asa Kapolres. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kisah Rusyami, Sarjana Agama Yang Mendunia Lewat Batik

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …