Songsong Pilkada Serentak, KPU Mulai Persiapkan Logistik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, mulai mempersiapkan logistik menyongsong Pilkada serentak, yang dihelat pada 27 Juni mendatang. Salah satu logistik yang digenjot persiapannya, adalah penyediaan kotak suara.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Muhammad Zubaidi mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan kotak suara, yang merupakan logistik bekas, karena sempat digunakan dalam pemilu legislatif sebelumnya. Pengadaan logistik baru tidak dilakukan, karena kotak suara yang tersedia masih layak pakai.

“Kita akan memaksimalkan jumlah kotak suara yang tersedia, yakni sebanyak 9.829 kotak. Untuk biliknya, kami siapkan 13. 328 unit. Logistik ini sudah kami alokasikan sejak dua pekan terakhir,” kata Zubaidi, Kamis (15/3/2018).

Untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup), KPU Kabupaten Probolinggo kata Zubaidi, membutuhkan 1.700 TPS x 2 kotak, yaitu 3.400 kotak. Selain itu, pihaknya juga memerlukan 8 kotak di 24 Kecamatan..

“Karena masing-masing PPK membutuhkan 8 kotak x 24 Kecamatan, maka jumlahnya menjadi 192 kotak. Total ditingkat KPPS atau TPS dan di tingkat PPK, membutuhkan sedikitnya 3.592 kotak suara,” imbuh pria yang sudah 3 periode menjadi penyelenggara pemilu ini.

Dalam Pilkada serentak nanti, KPU Kabupaten Probolinggo hanya akan mendistribusikan kotak dan bilik suara yang di butuhkan saja, sehingga sisa yang masih dalam proses perbaikan akan di manfaatkan dalam pemilu legislatif 2019. (*)

 

Penulis : Moh. Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  GP Ansor dan Banser Kawal HATI, Ini Alasannya

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …