TNI-AL, KKP dan Kementan Kerjasama Genjot Kemandirian Pangan

PASURUAN-PANTURA7.com, TNI-AL memper-erat kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementrian Pertanian, Rabu (21/2/2018) pagi. Kerjasama ini dilakukan untuk menggenjot kemadirian swasembada pangan, khususnya bai prajurit yang akan memasuki purna tugas.

Kerjasama yang berdasarkan atas Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor KEP/37/VII/1977 tentang Orgaspros Diswatpersal Program Kerja Balurjatim tentang pelatihan Bektram TNI Angkatan Laut ini, dilakukan di Pusat Pelatihan Bektram TNI AL, Grati, Pasuruan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi melakukan penanda tanganan langsung bersama Menteri KKP RI Susi Pudjiastuti, dan Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Ketahanan Pangan Agus. Usai meneken kesepakatan, KSAL, Menteri KKP dan perwakilan Kementerian Pertanian meninjau langusng hasil produksi dan teknologi yang dipasang di lokasi.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menyebut, pembekalan dan pelatihan ini memungkinkan prajurit TNI-AL bisa melakukan keterampilan lain selain berperang. Bagi prajurit yang akan memasuki masa pensiun, tentu akan menjadi bekal hidup saat mereka kembali ke tengah masyarakat.

“Bagi prajurit aktif, tentuya untuk mempersiapkan mereka saat memasuki pulau-pulau baru, karena kita memiliki banyak pulau yang belum tersentuh. Pembekalan ini juga untuk menunjang program pemerintah terkait swasembada pangan,” tegas Susi di lokasi.

Sementara menurut KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, di kawasan lahan TNI AL Grati saat ini, terdapat 100 hektar dari 3.579,53 hektar, telah ditanami berbagai tanaman komoditas unggul. Tanaman itu diantaranya kluwek, mangga okyong, nanas, pisang, rambutan, pisang cavendis, pepaya california, duku, blimbing, hingga sukun.

“Ini bentuk konkret TNI AL dalam mewujudkan program swasembada pangan, kebetulan lahan kami banyak. Jadi, kami kembangkan di sini. Mudah-mudahan lahan yang ada mampu dikelola secara maksimal oleh prajurit,” harapnya. (em/arf).

Baca Juga  Pucuk Pimpinan Bawaslu Kota Probolinggo Berganti

Baca Juga

Harga Bawang Merah Tinggi, Pemkab Probolinggo Curigai Ada Monopoli

Probolinggo,- Naiknya harga bawang merah di Probolinggo tidak hanya karena faktor petani gagal panen, namun …