HMI Demo Tolak Kenaikan Harga BBM dan Listrik

Probolinggo – Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Probolinggo menggelar aksi damai di gedung DPRD Kota Probolinggo, Senin (29/8/2022). Dalam aksi damai itu, mereka mendesak pemerintah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL).

Diawali dengan aksi long march, puluhan mahasiswa ini bergerak dari alun-alun menuju kantor DPRD Kota Probolinggo. Setibanya di kantor DPRD, dengan membawa spanduk, mereka langsung melakukan aksi damai dengan menyuarakan orasi.

Dalam orasinya, mahasiswa ini mendesak pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM, salah satunya pertalite. Selain itu, mahasiswa juga meminta pemerintah tidak menaikkan tarif listrik.

“Selain dua tuntutan itu, kami juga mendesak pemerintah untuk memberantas mafia di sektor minyak dan gas (migas) serta pertambangan dengan melakukan penegakan hukum yang adil dan transparan dari hulu ke hilir,” ujar Ketua Cabang HMI Probolinggo, Saiful Deddy.

Selain menyampaikan tiga tuntutan, HMI juga menyerahkan pakta integritas yang ditandatangi Ketua Cabang HMI Probolinggo dan Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib yang nantinya pakta integritas tersebut akan diserahkan kepada DPR RI.

“Aksi damai yang kami gelar pada hari ini murni untuk kepentingan masyarakat, sebab jika BBM dan tarif dasar listrik dinaikkan maka dampaknya memberatkan masyarakat. Sehingga dengan surat yang kami meminta pemerintah dapat membatalkan kebijakan tersebut,” imbuh Deddy.

Sementara, Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib menyampaikan, apa yang diminta HMI atas dasar kepentingan masyarakat ini akan menampung dan selanjutnya disampaikan kepada DPR RI. Sehingga DPR RI mengetahui, jika masyarakat Kota Probolinggo melalui mahasiswa juga menolak kenaikan harga BBM dan listrik.

“Tentuny apa yang dilakukan mahasiswa ini merupakan reaksi atas rencana pemerintah yang menaikkan harga BBM dan listrik, karena ketika kenaikan tersebut dampaknya akan ke semua sektor,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Rekor, Belum Setahun DPRD PAW Empat Anggota

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …