Cegah Difteri, Dinkes Kabupaten Probolinggo Bakal Terapkan Imunisasi ORI

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Difteri adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium dan biasanya menyerang amandel, tenggorokan, hidung, serta kulit. Penyakit ini menyebar dengan cepat melalui partikel udara lewat batuk, bersin, atau tertawa tanpa disadari penderita.

Untuk mengurangi penyebaran penyakit difteri ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo bakal bergerak dengan menggelar imunisasi serentak berupa Oubreak Response Immunization (ORI) yaitu pemberian imunisasi pentavalent.

Imunisasi ini merupakan pemberian vaksin kombinasi antara DPT, HB, dan Hib, yang ditengarai lebih unggul jika dibandingkan program imunisasi sebelumnya. Imunisasi ORI akan dilaksanakan sebanyak 3 putaran dengan sasaran anak usia 1-19 tahun dengan interval 0-5-4 bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono mengatakan, pemberian imunisasi ORI ditargetkan dapat menurunkan angka kematian akibat difteri dan memutus mata rantai penularan penyakit mematikan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi dan pemahaman akan pentingnya ORI, kami harap dukungan dari masyarakan agar program ORI di Kabupaten Probolinggo berhasil maksimal,” tutur dr. Shodiq, Sabtu (17/2/2018).

Untuk jadwal ORI difteri, lanjut dr. Shodiq, pihaknya akan memulai secara serentak pertengahan bulan ini. Putaran pertama pada tanggal 15 Pebruari-10 Maret 2018, putaran kedua 2-31 Juli 2018 dan putaran ketiga berlangsung pada 1-30 Nopember 2018.

“Target kami kegiatan ORI difteri ini minimal 90% tepat sasaran, agar masyarakat di Kabupaten Probolinggo terhindar dari penyakit yang menyerang organ tubuh pada bagian tenggorokan ini,” imbuh dr. Shodiq. (din/arf).

Baca Juga  Kapolda Jatim Sebut Probolinggo Zona Rawan Keamanan Pilkada

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …