Suasana pelayan SIM di Kantor Satlantas Polres Probolinggo, sebelum kehabisan material (dok)

Satlantas Polres Probolinggo Kehabisan Material SIM

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo mengalami kehabisan material SIM, sejak lima hari terakhir. Kondisi ini membuat masyarakat pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak dapat mengantongi SIM secepat sebelumnya.

AKP Tri Nuartiko, Kasatlantas Polres Probolinggo mengakui jika pihaknya mengalami kelangkaan material SIM. Menurutnya, Satlantas kehabisan material karena material baru yang dikirim oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengalami keterlambatan atau kendala teknis lainnya.

“Memang kami kehabisan material SIM sejak lima hari lalu. Informasinya hal ini tidak hanya terjadi di Probolinggo saja, namun juga di daerah lain. Baik SIM A, B, atau SIM kategori C semuanya habis,” terang Tri Nuartiko, kepada PANTURA7.com, Senin (18/9/2017).

Menyiasati ketidakadaan material SIM, lanjut Tri Nuartiko, pihaknya akan memberikan Surat Keterangan Pengganti (SKP) sebagai SIM sementara bagi pengendara yang tengah memproses pembuatan SIM baru.

“SKP itu berfugsi sebagai pengganti SIM, nanti bisa diberitahukan ke petugas Satlantas Polres Probolinggo, jika ada operasi penertiban kendaraan di jalan raya,” tandas perwira asal Tulung Agung ini.

Ditanya soal sampai kapan masyarakat harus menunggu material SIM baru, Tri Nuartiko mengaku masih belum mengetahui kiriman material SIM baru itu tiba di Satlantas Polres Probolinggo.

Hanya saja polisi akan proaktif memberikan informasi kepada seluruh pemohon serta akan mengumumkan melalui media sosial, jika materal SIM baru telah tersedia. “Belum tahu kapan datangnya, kalau sudah tersedia secepatnya akan kami sosialisasikan kepada masyarakat,” tutup Tri Nuartiko.

Sekedar diketahui, pemohon SIM di Satlantas Polres Probolinggo, Jalan Raya Suroyo No.42, rata-rata mencapai 100 orang per hari. Jumlah itu tidak hanya pemohon SIM  baru, namun juga pemohon yang mengajukan perpanjangan. (em/ela).

Baca Juga  Kasus Ijazah Palsu, Polisi Tunggu Alat Bukti Tambahan

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …