Ketua Panwaslu Zaini Gunawan (paling kiri) dan Komisioner Panwaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib (tengah) saat dikonfirmasi wartawan (dok)

Hari ini, Panwaslu Umumkan Rekrutmen Panwascam

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Probolinggo, membuka pendafataran bagi warga yang ingin menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam Pilkada serentak 2018 mendatang. Panwaslu akan merekrut masing-masing tiga komisioner, yang akan ditempatkan di 24 kecamatan berbeda.

Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan mengatakan, mulai hari ini pihaknya akan mensosialisasikan rekrutmen Panwascam, hingga tanggal 22 September nanti. Sosialisasi yang dilakukan diantaranya dengan mengirimkan selebaran ke 24 kecamatan dan pengumuman via media sosial.

“Selama lima hari ini kami lakukan sosialisasi, baik secara manual maupun melalui media sosial. Sementara untuk penerimaan berkas persyaratan secara resmi kami buka dari tanggal 22 hingga 28 September 2017,” ujar Zaini Gunawan, Senin (18/9/2017).

Setelah berkas persyaratan diterima, berkas pendaftar akan diverifikasi sebelum diumumkan hasilnya pada tanggal 5 – 7 Oktober 2017. Pendaftar yang lolos pada tahap ini, kembali akan diseleksi melalui tes tulis pada tanggal 7 – 9 Oktober 2017.

“Jika lolos tes tulis, maka tahapan selanjutnya yakni tes wawancara yang akan digelar pada 12 – 14 Oktober 2017, di Kantor Banwaslu Jatim. Tahap akhir adalah pelantikan 72 Panwascam terpilih, yang akan dilaksanakan tanggal 18 – 20 Oktober,” terangnya.

Sementara terkait anggaran rekrutmen Panwascam, menurut Zaini, saat ini pihaknya belum terlalu membutuhkan. “Kemungkinan kami akan membutuhkan biaya pada tes tulis yang dilakukan di Kantor Banwaslu Jatim, untuk saat ini belum kita anggarkan,” tutupnya.

Sekedar diketahui, hingga saat ini Panwaslu belum menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Padahal NPHD ini diperlukan untuk menunjang biaya operasional Panwaslu dalam menyongsong pesta demokrasi 2018. (em/ela).

Baca Juga  Sembilan Pejabat ini Berebut Menjadi Sekda Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …