Gandeng Syubbanul Muslimin, Pemkab Probolinggo Gelar Dzikir Akbar dan Gema Sholawat

Kraksaan,- Menjelang pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar Dzikir Akbar dan Gema Sholawat berjamaah bersama puluhan ribu warga, di Alun-alun alun Kota Kraksaan, Selasa (20/12/22) malam.

Pemkab Probolinggo menggandeng salah satu majelis sholawat terbesar di Jawa Timur, Syubbanul Muslimin. Jajaran Forkopimda, tampak hadir ikut melantunkan sholawat bersama warga.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Drs H.A Timbul Prihanjoko mengatakan, Dzikir Akbar dan Gema Sholawat merupakan bentuk syukur atas segala hasil bumi maupun laut yang dinikmati pemerintah daerah dan masyarakatnya.

“Ini sebagai refleksi akhir tahun dan juga do’a bersama untuk keselamatan masyarakat Probolinggo,” ujar Wabup Timbul.

Dijelaskan Wabup, sejatinya Dzikir Akbar dan Gema Sholawat akan dilakukan saat malam puncak pergantian tahun 2022 – 2023. Pihaknya ingin mengajak masyarakat bersholawat bersama untuk merayakan malam tahun baru.

BERSHOLAWAT: Puluhan ribu warga ikuti Dzikir Akbar dan Gema Sholawat di Alun-alun Kota Kraksaan. (foto: Ainul Jannah)

“Mengajak masyarakat malam tahun baru dengan bersholawat. Bahwa, malam tahun baru tidak hanya dirayakan dengan kebut – kebutan di jalan yang mengakibatkan ketidaknyamanan masyarakat lain,” paparnya.

Namun karena pertimbangan teknis, Dzikir Akbar dan Gema Sholawat akhirnya dimajukan. “Ini kegiatan massal pertama yang dilakukan pasca Covid-19,” imbuhnya.

Timbul berharap, gerakan mengetuk pintu langit yang dilakukan Pemkab Probolinggo bersama masyarakat, dapat meningkatkan kadar keimanan dan menambah kemajuan Kabupaten Probolinggo di segala bidang.

“Masyarakat lebih maju, juga pemerintahannya lebih baik. Jadi kita juga perlu untuk mengetuk langit agar masyarakat Kabupaten Probolinggo diberi keberkahan,” pungkasnya.

Dzikir Akbar dan Gema Sholawat ini tidak dihadiri langsung oleh Pimpinan Majelis Syubbanul Muslimin, KH Hafidzul Hakim Noer, yang sedang melaksanakan ibadah umroh di tanah suci. Meski demikian, ia tetap hadir secara virtual.

“Saya doakan semoga Pemkab Probolinggo dan masyarakatnya diberikan kesejahteraan dan kemakmuran, untuk kita semuanya,” ucap Non Hafidz.

Baca Juga  Dewan Desak Perusahaan Penuhi THR Karyawan

Turut hadir dalam Dzikir Akbar dan Gema Sholawat ini, Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo dan Kepala Kanmenag Kabupaten Probolinggo, Ahmad Sruji Bachtiar. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …