Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Budaya · 7 Jul 2024 16:56 WIB

Semarak! Even Loemadjang Mbiyen Dibanjiri Ribuan Pengunjung


					DIBUKA: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, membuka even tahunan Loemadjang Mbiyen yang digelar di Hutan Bambu Desa Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang. (foto: Asmadi). Perbesar

DIBUKA: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, membuka even tahunan Loemadjang Mbiyen yang digelar di Hutan Bambu Desa Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Even Loemadjang Mbiyen #4 Tahun 2024 resmi dibuka, Minggu (7/7/24). Turut hadir dalam acara tesebut, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, Dinas Pariwisata (Dispar) selaku penanggung jawab dan unsur terkait lainnya.

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, menyampaikan even yang digelar hari ini mempertunjukan Loemadjang Tempoe Doeloe. Ada pengunjung diajak bernostalgia dengan kondisi Kabupaten Lumajang dahulu kala.

“Acara ini sangat luar bisa, apalagi ribuan masyarakat lumajang hadir dalam acara Loemadjang Mbiyen. Tentu ini sangat membanru pelaku UMKM setempat,” katanya.

Disamping itu, kata wanita yang akrab disapa Yuyun, ada hiburan unik lain hmmdi Loemadjang Mbiyen kali ini. Salah satunya adalah Pasar Rakjat yang menyediakan menu makanan tradisional dan Grebek Suro.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini zona Pasar Rakjat berlokasi di kawasan Hutan Bambu yang berada tepat di kawasan pemandian Hutan Bambu Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Dalam Pasar Rakjat, disediakan 41 stand UMKM yang menyajikan aneka makanan tradisonal, seperti cenil, klepon, dan makanan tradisonal lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lumajang Yuli Hatismawati menyebut, antusiasme masyarakat yang hadir di acara Loemadjang Mbiyen kali ini lebih tinggi dari even serupa sebelumnya.

“Kawasan Kecamatan Candipuro ini sangat kental nilai budayanya. Nah ini tentu menjadi nilai tersendiri di acara Loemadjang Mbiyen ini,” paparnya.

Menurut Yuli, even ini digelar sengaja bersamaan dengan Grebeg Suro di Wisata Alam Hutan Bambu agar dapat menambah keunikan dan daya tarik acara tersebut.

“Kolaborasi Loemadjang Mbiyen dan ritual peringatan 1 Suro yang dilaksanakan oleh desa-desa di Candipuro tentu menjadi pilihan paket wisata ke Lumajang,” imbuh Yuli. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rohim


 

Artikel ini telah dibaca 1,445 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Nego ke BPK Mentok, Guru Honorer di Lumajang Terancam Kewajiban Kembalikan Uang Tunjangan

23 Juli 2024 - 13:39 WIB

Warga Kalibuntu Probolinggo Gelar Petik Laut, Larung Hasil Bumi ke Tengah Laut

22 Juli 2024 - 22:26 WIB

Jelang HUT RI, Pemkab Lumajang Buka Pemusatan Diklat Paskibraka

22 Juli 2024 - 13:54 WIB

Angka Kematian Ibu Hamil di Lumajang Menurun, Segini Jumlahnya

21 Juli 2024 - 17:02 WIB

PABPDSI Lumajang Dilantik, Sekda Agus Beri Pesan Begini

20 Juli 2024 - 18:07 WIB

Trending di Pemerintahan