Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, Yasin. (foto: Ali Ya'lu).

Ada Perbedaan Awal Ramadan, Ini Imbauan MUI Kab. Probolinggo

Probolinggo,- Sebagian umat Islam di Kabupaten Probolinggo melaksanakan ibadah puasa mulai hari ini. Sebagain lainnya, masih akan melaksanakan puasa mulai Selasa (12/3/2024) besok.

Umat yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah, telah melaksanakan ibadah salat tarawih sejak Minggu (10/3/2024) malam.

Sementara umat islam yang tergabung dalam ormas Nahdlatul Ulama (NU), baru Senin malam memulai salat tarawih.

Perbedaan awal puasa dari dua ormas Islam terbesar di Indonesia ini pun mendapat respon dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo. MUI mengatakan, perbedaan ini harus disikapi dengan bijak.

“Harus mengedepankan toleransi, karena baik yang menggunakan metode hisab ataupun rukyat, itu sama-sama ada landasan hukumnya,” kata Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, Yasin, Senin (11/3/24).

Dengan adanya landasan hukum dari masing-masing metode yang digunakan kedua ormas ini, ia pun berharap, kaum muslimin tidak usah memyalahkan satu sama lain. Sebab, keutamaan Ramadhan menurutnya adalah dengan meningkatkan ibadah.

“Yang penting semangat Ramadan diisi dengan semangat untuk ibadah, baik swcara personal maupun sosial, seperti halnya bersedekah,” ucapnya.

Yasin mengimbau, agar di bulan suci Ramadan ini kaum muslimin bisa meningkatkan kekhusyuan dalam beribadah. Seperti halnya salat tarawih, baca Alquran dan lain sebagainya.

“Hindari maksiat, mari utamakan ibadah di bulan suci ini,” ucapnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Mohammad S

Baca Juga  Di Hadapan Jokowi, MUI Jatim Jamin Vaksin AstraZeneca Aman dan Halal

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …