Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Bukasan. (foto: Asmadi).

Panen Dumas, Pimpinan Dewan Kritisi Pelayanan RSUD Pasirian Lumajang

Lumajang,- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang, Bukasan, menyoroti kinerja dam pelayanan RSUD Pasirian yang dinilainya saat ini sangat buruk.

Akibat dari pelayanan yang tak maksimal dalam beberapa bulan terakhir, dewan pun panen Aduan Masyarakat (Dumas), yang meminta agar pelayanan di RSUD Pasirian segera dibenahi.

“Harusnya, hal itu tidak terjadi di Lumajang. Sebab, tugas dan fungsi petugas kesehatan di RSUD Pasirian, ya harus memberi pelayanan dengan baik dan ramah. Jadi tidak ada alasan petugas kesehatan RSUD Pasirian untuk tidak memberikan pelayanan baik,” kata Bukasan, Kamis (7/3/24).

Selain soal pelayanan, jelas Bukasan, persoalan administrasi yang lama dan bertele-tele juga menjadi keluhan masyarakat mau berobat. Apalagi jika pasien menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan.

Harusnya, imbuh Bukasan, pelayanan medis diberikan dengan baik dan mudah. Pasien yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan pun tidak perlu dibedakan dengan pasien umum.

“Kadang masalah administrasi pasien yang memiliki BPJS secara mandiri, mati atau telat, tidak bisa digunakan berobat ke rumah sakit atau puskesmas. Makanya, petugas yang ada pada pelayanan seharusnya memberikan pemahaman ke masyarakat agar segera mendapatkan pelayanan kesehatan,” papar dia.

“Pada dasarnya, pasien yang datang ke rumah sakit adalah untuk berobat, Jangan sampai justru sebaliknya, menjadi tambah sakit karena minim pelayanan yang memang di perlukan,” kritik politisi PDI Perjuangan ini pedas.

Kritik ini, sebut Bukasan, menunjukkan kekhawatiran dan kepeduliannya atas pelayanan di rumah sakit milik Pemkab Lumajang itu. Pelayanan yang baik dan mudah, harus diberikan agar tidak menambah beban mental pasien selama masa penyembuhan.

“Pastinya, harus ada evaluasi terhadap kinerja petugas dan manajemen rumah sakit supaya hal ini tidak terulang lagi,” Bukasan memungkasi. (*)

Baca Juga  Lagi, Kebakaran Hutan Landa Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …