LOGISTIK PEMILU: Proses menaikkan dan menurunkan logistik pemilu ke perahu menuju Giliketapang. (Foto: Hafiz Rozani)

Pemilu 2024: Polairud Kawal Pengiriman Logistik ke Pulau Giliketapang

Probolinggo,- KPU Kabupaten Probolinggo pada Senin (12/02/24) mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke Pulau Giliketapang. Pengiriman logistik Pemilu ini mendapat pengamanan dari Satpolairud Polres Probolinggo serta petugas gabungan.

Sebelumnya logistik Pemilu 2024 yang terdiri dari 115 kotak suara beserta perlengkapannya dikirim dari Gudang KPU Kabupaten Probolinggo menggunakan truk dan mobil boks.

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Tembaga, logistik untuk 23 TPS di Pulau Giliketapang dipindahkan dan diangkut menggunakan dua perahu penyeberangan.

Dua perahu yang digunakan untuk mengangkut logistik dikawal kapal Satpolairud Polres Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim mengatakan, karena pengiriman logistik Pemilu 2024 ke Pulau Giliketapang menyeberang laut, maka ditekankan selama memindahkan kotak suara wajib diangkat. Tidak boleh digeser untuk menghindari logistik rusak.

“Di Pulau Giliketapang terdapat 23 TPS. Karena cuaca cerah, semoga proses pengiriman logistik ini berjalan lancar,” ujar Lukman.

Di Pulau Giliketapang terdapat sekitar 6.000 warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 ini mencapai target yakni, 87 persen atau melampaui target nasional yang mencapai 77,5 persen.

“Jadi untuk Pileg dan Pilpres partisipasi masyarakat Pulau Giliketapang cenderung naik. Pada Pemilu 2019, partisipasi masyarakat di Giliketapang mencapai 83 persen,” ujar Lukman.

Sementara Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, pihaknya bersama Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengawal logistik Pemilu 2024 yang dikirim dengan dua perahu penyeberangan.

“Proses pengiriman yang mulai bergerak pukul 11.00 WIB tidak ada kendala, yang mana cuaca cerah, ombak tenang. Nantinya selain pengiriman, untuk pengembalian kotak suara akan kami kawal kembali,” beber Slamet. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Pemilu 2024, Kiprah dan Produk Jurnalistik Media Harus Netral

Baca Juga

Innalillahi! Moh. Haerul Amri, Pejuang Pendidikan di Pasuruan-Probolinggo itu Berpulang

Probolinggo,- Kabar duka dari Senayan, Jakarta. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Moh. Hairul Amri, …