Ilustrasi imunisasi polio anak.

Dinkes Kota Probolinggo Targetkan 29.502 Anak Imunisasi Sub PIN Polio

Probolinggo,- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Probolinggo sejak Senin (15/01/24) mulai memberikan Sub PIN Polio ke seluruh anak di Kota Probolinggo.

Pemberian imunisasi ini dilakukan setelah adanya temuan kasus lumpuh layu di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan P2KB Kota Probolinggo, drg. Asri Wahyuningsih mengatakan, Dinas Kesehatan dan P2KB mengimunisasi 29.502 anak di Kota Probolinggo, yang dilakukan dua putaran.

“Untuk imunisasi dalam Sub PIN Polio pertama dilakukan tanggal 15 Januari 2024. Putaran kedua dilakukan 19 Februari 2024 mendatang yakni, dengan jarak antara puratan pertama dan kedua ini satu bulan,” ujar Asri, Kamis (18/1/24).

Kemudian untuk sasaran imunisasi ini seluruh anak dengan usia 0 hingga 7 tahun. Kemudian target dalam pelaksanaan imunisasi ini minimal 95 persen. Dengan besaran target tersebut, agar perlindungan terhadap nak-anak dapat menyeluruh.

Di Kota Probolinggo sendiri terdapat 623 pos Sub PIN yang tersebar di PAUD, TK, SD, Posyandu dan Puskesmas.

Para orangtua diminta tidak perlu khawatir dengan pemberian vaksin generasi baru dan imunisasi Sub PIN Polio. Sebab vaksin tersebut sudah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rekomendari dari WHO.

“Kami sudah mensosialisasikan melalui kader posyandu, bahwa tidak ada efek samping pada pemberian imunisasi ini, sehingga ayo bawa putra dan putrinya ke Pos Sub PIN Polio,” pungkas Asri. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Kasus Kematian Sapi Terpapar PMK Terus Bertambah, Peternak Minta Pemkab Pasuruan Turun Tangan

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …