Komisioner KPU Provinsi Jatim bersama Ketua KPU Kota Probolinggo menyaksikan proses lipat sortir surat suara. (foto: Hafiz Rozani).

KPU Jatim Temukan Lima Kotak Suara dan Satu Surat Suara Rusak di Kota Probolinggo

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur melakukan supervisi dan kunjungan ke gudang KPU Kota Probolinggo di Jalan Anggrek, Kamis siang (11/01/24). Saat kunjungan tersebut ditemukan terdapat lima kotak suara dan satu surat suara rusak.

Supervisi KPU Provinsi Jawa Timur tersebut dilakukan oleh Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jatim, Miftahur Rozaq.

Kedatangannya untuk melihat langsung proses pelipatan surat suara yang saat ini sedang berlangsung di gudang KPU.

“Jadi supervisi dan monitoring ini saya lakukan di tiga daerah. Sebelum ke Kota Probolinggo, kami tadi pagi ke KPU Lumajang, dan setelah ini langsung ke KPU Kota Pasuruan,” ujarnya.

Supervisi dan monitoring ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengadaan tahap kedua yakni, surat suara sebagai logistik utama persentasenya sudah berapa. Ternyata, untuk surat suara sudah 100 persen.

Saat ini KPU Kota Probolinggo sudah melakukan proses sortir lipat surat suara. Sejauh ini ditemukan lima kotak suara dan satu surat suara yang rusak.

“Sampai sejauh ini seluruh proses berjalan lancar dan aman, sementata untuk kerusakan lima kotak suara dan satu surat suara akan segera diganti karena masih ada waktu,” ujarnya.

Sementara, untuk kerusakan surat suara se-Jawa Timur terbanyak terdapat di Sidoarjo yang mencapai 3.000 surat suara. Estimasi total surat suara yang rusak se Jawa Timur per hari ini total 5.000 surat suara.

“Untuk kerusakan surat suara tersebut akan langsung kami ganti dan akan segera terpenuhi sebelum tanggal 20 Januari 2024,” kata Miftahul.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, ada lima kotak suara yang rusak dan satu surat suara sobek. Untuk kotak suara kerusakannya kecil yakni, jendela transparannya terbuka.

Baca Juga  Bawaslu Gandeng Aktifis Muda Awasi Pemilu

“Sebenarnya untuk kerusakan tersebut bisa kami lem, namun karena dianggap mengkawatirkan hingga berpotensi menimbulkan polemik dan konflik maka kami tetap lakukan pergantian,” ujarnya.

Selain surat suara dan kotak suara yang sudah datang, KPU Kota Probolinggo pada 13 Januari 2024 akan kembali menerima logistik Pemilu 2024, yakni plano dan salinan formulir, dan sampul atau amplop. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …