Para pekerja melakukan sortir lipat surat suara di gudang KPU, Jalan Anggrek, Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani)

Pemilu 2024, KPU Kota Probolinggo Mulai Sortir Lipat Surat Suara

Probolinggo,- Setelah perakitan kotak suara, KPU Kota Probolinggo mulai melakukan sortir lipat surat suara, Rabu (10/01/24). Lipat sortir yang dilakukan di gudang KPU, Jl. Anggrek, Kota Probolinggo dengan melibatkan 15 pekerja.

Komisioner KPU Kota Probolinggo, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemikih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM), Radfan Faisal mengatakan, hari ini KPU mulai sortir lipat surat suara.

Pertama, yang dikerjakan adalah sortir lipat surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Probolinggo.

“Untuk sortir lipat surat suara kami awali dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 terlebih dahulu, setelah selesai maka sortir lipat berlanjut ke dapil-dapil yang lain,” ujarnya.

Untuk sortir lipat surat suara, KPU Kota Probolinggo melibatkan 15 tenaga spesialis pelipat surat suara. Selain itu, para pekerja ini juga diberi target untuk menyelesaikan sortir lipat, sehingga jika tidak dapat menyelesaikan sesuai target maka akan ada konsekuensi.

Selain itu, untuk sortir lipat surat suara ini, para pekerja akan mendapat upah yang berbeda, di mana untuk surat suara presiden dan wakil presiden sebesar Rp 200 per lembar

Sementara untuk surat suara DPD sebesar Rp 225 per lembar. Sedangkan untuk DPRD Provinsi Jatim dan Kota Probolinggo sebesar Rp 275 per lembar.

“Ke-15 pekerja dibagi menjadi dua shift, untuk shift pertama dimulai pukul 08.00-15.00 WIB, kemudian shift dua dimulai pukul 15.00-22.00 WIB. Sortir surat suara ini kami targetkan 8 hingga 15 hari selesai,” imbuh Radfan.

Sekedar diketahuui, KPU Kota Probolinggo sejauh ini telah menerima logistik Pemilu 2024 di antaranya, 918.015 surat suara.

Surat suara tersebut masing-masing untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kota Probolinggo. (*)

Baca Juga  Pemilu 2024, 4.863 KPPS di Kota Probolinggo Jalani Bimtek Kepemiluan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Ingin Maju Pilwali Kota Pasuruan via Jalur Independen? Ini Syarat Minimal Dukungan yang Harus Dipenuhi

Pasuruan,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menggelar sosialisasi mengenai syarat minimal dan sebaran dukungan …