CEK PASUKAN: Pj. Bupati Probolinggo didampingi Kapolres dan Kasatpol Air Polres Probolinggo, mengecek kesiapan pasukan usai apel di Mapolres Probolinggo. (foto: Humas Polres Probolinggo).

Besok, Operasi Lilin Semeru Digelar Hingga 2 Januari 2024

Probolinggo,- Polres Probolinggo akan menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2023 mulai Jumat (22/12/23) besok. Operasi yang digelar dalam rangka pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, akan digelar hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Kamis (21/12/2023), apel persiapan operasi ini digelar di halaman apel Mapolres setempat. Apel dipimpin langsung oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dengan didampingi Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana.

Kemudian, ada Kajari Kabupaten Probolinggo David P Duarsa, Kepala PN Kabupaten Probolinggo I Made Yuliada serta diikuti oleh unsur TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Dalam arahannya, Pj Bupati Probolinggo membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menekankan pentingnya pengamanan Nataru secara maksimal untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Tujuan digelarnya apel ini adalah untuk mengecek kesiapan pengamanan tugas selama Perayaan Nataru agar berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,” kata Ugas, Kamis (21/12/23).

Ugas mengungkapkan, Kapolri telah mengingatkan efek besar dari perayaan Nataru, khususnya terkait pergerakan orang. Pasalnya, Nataru yang jadi rutinitas tahunan, membuat pergerakan masyarakat menjadi meningkat.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada Nataru ini diperkirakan mencapai 107,6 juta orang. Meningkat sebesar 143,65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya,” ucapnya.

Ia pun meminta kepada petugas di lapangan, untuk meningkatkan pengamanan karena bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024, yang menyebabkan potensi kerawanan jadi lebih tinggi.

Lebih dari itu, Ugas juga mengucapkan selamat bertugas dan merayakan hari Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kepada seluruh anggota yang bertugas, jadikan pengamanan Nataru ini menjadi kebanggaan dan ladang ibadah,” pesan Ugas.

Sebagai informasi, dalam operasi ini, sebanyak 129.923 personel dikerahkan. Terdiri dari TNI-Polri serta instansi terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengaman, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu. (*)

Baca Juga  Tol Probowangi Sesi 1 Bakal Gerus 292,58 Hektar Lahan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rohim

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …