ANTUSIAS: Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, saat meninjau salah satu stand di Dindikbud Fair 2023. (foto: Asmadi).

Harjalu 2023, Ratusan UMKM Meriahkan Dindikbud Fair 2023

Lumajang,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lumajang, menggelar Dindikbud Fair 2023, Selasa (12/12/2023) pagi. Even ini digelar untuk mengenalkan produk kearifan lokal serta mengembangkan potensi para pelaku UMKM.

“Saya harap kegiatan Dindikbud Fair selain dapat memberikan wadah bagi anak-anak, kegiatan ini juga dapat memperkenalkan UMKM atau bahkan bisa membawa produk lokal ke pasar ekspor,” kata Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat membuka Dindikbud Fair Tahun 2023 di Sport Park Alun-alun Kabupaten Lumajang.

Yuyun, panggilan Indah Wahyuni menyampaikan, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-768.

Pembukaan kegiatan Dindikbud Fair juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Korwil Dikbud Kecamatan se-Kabupaten Lumajang via daring.

Sesuai dengan tema Harjalu ke-768 ‘Sinergi Bersama Memperkuat UMKM’, tercatat kurang lebih 700 an pelaku UMKM hadir untuk mengikuti Dindikbud Fair Tahun 2023 di seluruh Korwil Dikbud Kecamatan.

Menurut Yuyun, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi lokal yang menjadi pilar utama dalam memperkaya warna dan keragaman dalam pembangunan daerah.

Karena itu, Dindikbud Fair Tahun 2023 tersebut merupakan gambaran nyata terciptanya sebuah sinergi bersama di bidang pendidikan dan UMKM.

“Kita hadir disini dengan tekad bulat untuk memberikan dukungan penuh bagi perkembangan dan pertumbuhan UMKM kita. Semoga dengan menguatnya UMKM kita bisa meningkatkan daya beli masyarakat dan roda ekonomi di Kabupaten Lumajang menjadi lebih baik lagi,” beber dia.

Yuyun menyebut, Dindikbud Fair Tahun 2023 terasa istimewa, karena kehadiran masyarakat baik yang menyaksikan secara langsung maupun yang melalui live streaming di 21 kecamatan.

Hal itu adalah cermin kuatnya sinergitas dalam mewujudkan visi bersama untuk memperkuat UMKM.

Baca Juga  Sudah Uji Coba, Pajak Elektronik Pasir Lumajang Belum Diterapkan, ini Kendalanya

“Saya berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang yang telah berinisiatif untuk menggelar Dindikbud Fair sebagai rangkaian perayaan Harjalu ke-768. Tidak lupa juga kepada semua pihak yang mendukung maupun tim yang menyelenggarakan live di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Bagikan Reward

Pada kesempatan tersebut, Indah Wahyuni turut menyerahkan reward kepada siswa-siswi di Kabupaten Lumajang yang berprestasi, antara lain :

1. Annersa Vindra Kurniawan dari SDN Ditotrunan 1 Lumajang, meraih medali perunggu bidang lomba Matematika tingkat SD pada Olimpiade Sains Nasional 2023.

2. Galih Permana Margi Putra dari SDN Ditotrunan 1 Lumajang, meraih medali perak bidang lomba IPA tingkat SD pada Olimpiade Sains Nasional 2023.

3. Bradley Richard Sutaji dari SMP Pelita Bangsa Lumajang, meraih medali perak bidang lomba Matematika tingkat SMP pada Olimpiade Sains Nasional 2023.

4. Neva Raissa Shafira dan Mochammad Farhan Mardiansyah dari SMPN 1 Lumajang, meraih medali perunggu bidang lomba IPS, kemanusiaan dan budaya pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Tingkat Nasional 2023.

Dalam kesempatan itu, Yuyun juga memberangkatkan Parade Drumband. Ia juga menyempatkan diri berkeliling meninjau stand-stand UMKM, bahkan sesekali memborong sejumlah produk UMKM yang dijajakan. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …