TUMBANG: Pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang, membuat jalur Pasuruan - Malang lumpuh. (foto: Moh. Rois)

Pohon Tumbang di Wonorejo Tutup Akses Pasuruan – Malang

Pasuruan,- Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, pada Kamis (7/12/23) sore, menyebabkan dua pohon besar tumbang. Selain menutupi akses jalan raya, kejadian ini juga merusak sejumlah fasilitas umum.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB di dua titik berbeda. Pohon pertama tumbang di jalan raya utama yang menghubungkan Pasuruan dengan Malang, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan pohon kedua menutupi jalur antar Desa Kluwut menuju Desa Lebaksari, Kecamatan Wonorejo.

Menurut Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi, pohon tumbang ini menyebabkan kemacetan panjang, terutama di jalan provinsi yang menghubungkan Pasuruan – Malang.

“Akses jalur antar kota sempat lumpuh selama 2 jam 30 menit, namun sejak pukul 19.00 WIB, akses jalan utama sudah lancar setelah tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan pemotongan batang pohon,” ungkap Sugeng.

Selain menutup jalan, dua pohon tersebut juga merusak dua buah tiang listrik dan sejumlah jaringan kabel listrik serta seluler.

Di jalur Pasuruan-Malang, batang pohon menimpa kabel listrik dan jaringan kabel optik, menyebabkan satu tiang milik PLN roboh.

Sementara di jalur antar desa Kluwut – Lebaksari, pohon ambruk mengenai jaringan kabel listrik dan telepon, serta membuat satu tiang milik PLN miring.

BPBD Kabupaten Pasuruan mengingatkan kepada masyarakat agar berhati hati saat berteduh. Sebab jalur provinsi yang menghubungkan Pasuruan dan Malang masih banyak pohon yang besar dan rindang yang rentan tumbang saat musim penghujan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan jangan berteduh di bawah pohon dan papan reklame. Kami juga memohon kepada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Timur atau DLH untuk diperhatikan dan segera dilakukan pemotongan, karena khawatir nanti pohon tumbang Kembali terjadi,” jelasnya. (*)

Baca Juga  Pelaku Pembunuhan Pria Terbungkus Karung Diringkus Polisi 

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …