Puluhan Hiu Tutul Muncul, BKSDA Minta Tak Ganggu

DRINGU,– Sejak beberaoa hari yang lalu, nelayan Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo dikejutkan dengan munculnya puluhan hiu tutul yang berenang di perairan Dringu. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wlayah 6 mengimbau agar nelayan tidak menganggu hiu yang tiap tahun berada di perairan Probolinggo itu.

Seorang nelayan asal Kecamatan Dringu, Budiono (45) mengatakan, hiu tutul tersebut mulai terlihat di perairan Probolinggo sejak beberapa hari yang lalu. Mulanya, hanya ada tiga ekor hiu tutul yang terpantau menyembul ke permukaan air.

“Kemarin saat saya mencari ikan di sekitar perairan Dringu jumlahnya sudah 20 ekor. Hiu tutul tersebut biasa terlihat berenang dan mencari makan di jarak sekitat 1 kilometer dari bibir pantai,” ujarnya.

Kondisi hiu tutul yang terlihat di sekitar perairan Dringu tersebut kondisinya baik-baik saja. Bahkan, tak jarang jarak antara hiu tutul dengan yang lain berdekatan.

Hiu tutul ini berenang dekat dengan perahu nelayan yang sedang mencari ikan.

“Fenomena munculnya hiu tutul di perairan Probolinggo ini terjadi setiap tahun. Karena itu sejumlah nelayan mengabadikannya dengan menggunakan kamera ponsel,” imbuh Budiono.

Sementara itu terkait munculnya hiu tutul tersebut, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 6 Probolinggo BBKSDA Jawa Timur, Mamat Ruhimat menjelaskan munculnya hiu tutul di perairan Probolinggo itu merupakan fenomena tahunan. Memang perairan Probolinggo merupakan habitat hiu tutul tersebut.

“Dengan munculnya hiu tutul ini, saya mengimbau kepada nelayan tidak menganggunya. Bahkan kami juga mengimbau agar sama-sama menjaga, jangan sampai hiu tersebut merasa terganggu, sampai terdampar,” ujarnya.

Mamat mengaku akan berkoordinasi dengan Satpolairud Polres Probolinggo. Selanjutnya melakukan pemantauan pergerakan hiu tutul. Hal itu guna mengantisipasi adanya hiu tutul yang terdampar di bibir pintai.

Baca Juga  Dua Motor IRT di Kraksaan Amblas Digondol Pencuri

“Kami segera berkoordinasi dengan Satpolairud Polres Probolinggo untuk melakukan pemantauan, terkait munculnya hiu tutul di perairan Probolinggo,” imbuh Mamat

Sebagai informasi, hiu tutul atau whale shark, ini tiap tahun selalu muncul di perairan Probolinggo. Munculnya hiu tutul ini lantaran banyaknya plankton yang merupakan makanan hiu tutul tersebut. (*) 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …