DIRESMIKAN: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meresmikan perbaikan pipa dengan memutar keran air bersih di Desa Ngadas, Sukapura, Probolinggo. (Foto: Hafiz Rozani).

Jaringan Air Bersih Lereng Bromo Kembali Normal, Pasok 4 Desa

Probolinggo,- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis siang (2/11/23) meresmikan rampungnya perbaikan pipa saluran air bersih empat desa yang rusak akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bromo, beberapa waktu lalu.

Kini warga di empat desa sudah bisa menikmati pasokan air bersih setelah sebelumnya sempat mengalami krisis.

Peresmian rampungnya perbaikan pipa saluran air bersih ini dilaksanakan di Balai Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura. Hadir Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto dan sejumlah kepala OPD Pemkab Probolinggo dalam kegiatan ini.

Peresmian perbaikan pipa saluran air bersih ini ditandai dengan pemutaran keran air bersih yang terdapat di Kantor Desa Ngadas.

“Jadi setelah adanya laporan dari empat kepala desa bahwa pipa yang mengalirkan air ke rumah-rumah terbakar dan rusak, kemudian saya minta untuk dilakukan assesment, dan besok tim turun dan dapat dilakukan percepatan perbaikan,” ujar Gubernur Khofifah.

Dari assesment yang dilakukan BPBD Provinsi Jawa Timur, kerusakan pipa di empat desa akibat kebakaran mencapai 11.600 meter.

Jumlah tersebut meliputi Desa Ngadirejo sepanjang 1.600 meter, Desa Sapikerep sepanjang 3.400 meter, Desa Ngadas 5.100 meter, Desa Wonokerto 1.500 meter.

Selain itu, setelah dilakukan perbaikan pipa air bersih, sedikitnya terdapat 2.240 kepala keluarga (KK) atau setara 6.472 jiwa yang terdapat di empat desa telah dapat mengakses air bersih kembali.

“Dengan telah selesainya perbaikan pipa yang rusak, maka warga di empat desa telah dapat merasakan manfaat air bersih. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Tengger yang telah bergotong royong ikut memperbaiki pipa air bersih,” ujar dia.

Sementara, Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, berterima kasih kepada Gubernur Jawa Timur. Sebab telah memperbaiki pipa air bersih yang rusak di empat desa akibat kebakaran.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Lantik Gus Ipul sebagai Wali Kota Pasuruan

Saat ini yang terpenting, menurut Ugas, air bersih sudah dapat kembali dirasakan oleh warga yang bermukim di lereng Gunung Bromo ini.

“Saya berterima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, yang begitu cepat merespon dan membantu memperbaiki pipa, sehingga warga di empat desa sudah dapat teraliri air bersih,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …