CEK: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan rombongan, mengecek kondisi Jembatan Kali Regoyo sebelum diresmikan. (foto: Asmadi)

Jembatan Kali Regoyo Lumajang Diresmikan, Mobilisasi Warga Kembali Normal 

Lumajang,- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Jembatan Gantung Kali Regoyo di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (17/10/23). Dengan diresmikannya jembatan ini, mobilitas warga di 2 dusun kini kembali normal.

“Sebelumnya, masyarakat harus bersusah payah melintasi Kali Regoyo untuk mobilitas perekonomian maupun untuk jalur akses pendidikan anak-anak. Nah sekarang sudah diresmikan, dan perekonomian warga akan segera pulih kembali,” kata Khofifah usai peresmian.

Khofifah berharap, upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam normalisasi Jembatan Kali Regoyo, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya warga yang berada di dua dusun.

“Jadi yang kita harapkan adalah apa yang dilakukan oleh Pemprov (Jatim) ini berseiring dengan berbagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ungkap Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Ia meminta agar masyarakat bisa bersahabat dengan alam. Dalam arti, melakukan proses mitigasi dengan baik sehingga dampak-dampak terburuk jika Gunung Semeru kembali erupsi bisa dihindari.

“Sehingga keselamatan masyarakat bisa dilakukan lebih dini, dan tidak ada korban jiwa lagi. Untuk itu, ketika ada warning masyarakat segera evakuasi diri masing-masing,” pinta dia.

Sebelum Jembatan Kali Regoyo bisa dimanfaatkan, warga yang bermukim di Dusun Jobong dan Kajar Kosong di Desa Sumberwuluh, tidak bisa saling berinteraksi. Sebab Jembatan Kali Regoyo merupakan satu-satunya akses penghubung.

Jembatan Kali Regoyo rusak usai diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru, Jumat (7/7/2023) lalu. Jembatan alami kerusakan cukup parah pada sisi timur selebar 1 hingga 2 meter.

Akibat musibah itu, sedikitnya 61 Kepala Keluarga (KK) dia dua dusun terisolasi. Agar terhubung dengan dunia luar, warga terpaksa menyeberangi aliran lahar, termasuk anak-anak yang hendak berangkat ke sekolah.

Dalam peresmian Jembatan Kali Regoyo, Gubernur Khofifah ditemani Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni; Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jeckson Situmorang hingga Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra. (*)

Baca Juga  ASN Probolinggo Rame-rame Dukung Salma ke Jakarta, Warga; Jalannya Diperbaiki

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …